Logo ABC

Terapi Sel untuk Obati Kanker Dibuka di Melbourne

Pusat pengobatan kanker Peter MacCallum Cancer Centre di Melbourne akan sediakan layanan terapi sel.
Pusat pengobatan kanker Peter MacCallum Cancer Centre di Melbourne akan sediakan layanan terapi sel.
Sumber :
  • abc

Pusat Kanker Peter MacCallum di Melbourne, Australia, mulai menyediakan layanan terapi sel untuk mengobati kanker. Bentuk terapinya berupa T-CAR yang didanai pemerintah sebesar $80 juta.

Bentuk baru perawatan penyakit kanker ini berupa pengangkatan beberapa sel sistem kekebalan tubuh pasien sehingga dapat direkayasa ulang di laboratorium. Sel-sel kekebalan tubuh yang telah direkayasa tersebut kemudian dimasukkan kembali ke tubuh pasien untuk menyerang sel kanker.

"Australia sekarang menjadi salah satu pusat utama di dunia, bukan hanya untuk pengobatan tetapi juga untuk terapi sel T CAR," ujar Menter Kesehatan Greg Hunt.

Fasilitas ini, katanya, bukan hanya yang pertama di Australia, tapi juga di Asia.

Perawatan terapi sel T CAR baru disetujui penerapannya oleh Therapeutic Goods Administration, otoritas bidang kesehatan di Australia, pada Desember tahun lalu. Biayanya sebesar $ 598.000 (sekitar Rp 6 miliar) per pasien.

Simon Harrison dari Peter MacCallum Cancer Centre menjelaskan lembaganya kini sudah mulai menggunakan terapi sel T CAR untuk mengobati pasien dalam uji klinis.

Menurut dia, pembiayaan terapi yang ditanggung pemerintah akan diputuskan dalam beberapa minggu mendatang.