Asteroid Langka Kepergok Teleskop, Bisa Menghancurkan Sendiri

Asteroid 2017 YE5
Sumber :
  • NASA/JPL-Caltech

VIVA – Teleskop Hubble berhasil menangkap gambar asteroid yang menghancurkan dirinya sendiri. Benda langit itu bernama 6478 Gault.

Bumi Punya Tameng Langit

Asteroid Gault memiliki panjang empat dan sembilan kilometer, serta memiliki ekor ganda yang khusus. Dua ekor puing seperti komet merupakan bukti aktivitas asteroid mengeluarkan sejumlah material ke angkasa, menunjukkan Gault hancur berkeping-keping.

Dilansir Digital Trends, Minggu, 31 Maret 2019, asteroid ini hancur akibat proses disebut torsi YORP atau efek Yarkovsky O'Keefe Radzievskii Paddack.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Asteroid akan terkena sinar matahari dan menjadi panas. Aktivitas ini menghasilkan radiasi infrared yang dikirim ke angka dan membawa panas serta momentum juga.

Hal tersebut menghasilkan kasus yang jarang membuat asteroid berputar lebih cepat. Gaya sentrifugal akhirnya memisahkan asteroid dan menjadi kuat dari gaya gravitasi.

NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi

Ketika hal tersebut terjadi batu dan debut ditarik dari permukaan asteroid. Ini juga yang menimbulkan ekor pada puing. Menurut catatan astronom, hanya satu gangguan YORP per tahun dari 800 ribu asteroid yang berada di sabuk Mars-Jupiter.

"Asteroid yang aktif dan tidak stabil seperti Gault hanya sekarang bisa dideteksi dengan menggunakan teleskop survei baru yang memindai seluruh langit," kata perwakilan European Southern Observatory Jerman, Hainaut.

Dia mengatakan dengan Hubble, peristiwa yang sama tidak akan terlewatkan lagi. Gault juga dikatakan sangat penting bukan hanya karena jarang tapi dipercaya memiliki rotasi setiap dua jam yang diperlukan agar efek YORP bisa masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya