Instagram Rilis Format Landscape untuk IGTV

Fitur Instagram.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Instagram merilis IGTV dalam format video landscape. Ini menjadi alternatif dari format vertikal yang sebelumnya sudah tersedia sejak tahun lalu. 

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Peluncuran format baru ini dikatakan pihak Instagram terinspirasi dari aspirasi para kreator konten dan juga penonton. Dalam pernyataannya, Minggu, 26 Mei 2019, para kreator ingin mengunggah video dalam format landscape di IGTV mereka. 

Selain itu penonton juga menginginkan tampilan IGTV mereka menjadi landscape saat ditonton pada layar ponsel.  Pihak Instagram mengatakan bahwa pembaruan ini menjadi evolusi besar sejak IGTV resmi diluncurkan. Baik penonton dan kreator akan diuntungkan dengan adanya update ini. 

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

Dari segi kreator, memungkinkan tidak hanya mem-posting dengan vertikal. Hal yang sama pernah dilakukan Instagram pada postingan foto berbagai ukuran, tidak hanya 1:1 pada tahun 2015. 

Pembaruan ini bisa membuat kreator mengembangkan kreativitas serta interaksi pada setiap kontennya. Instagram juga yakin hal tersebut juga akan terjadi di IGTV. 

Lolly Datangi Rumah Nikita Mirzani, Berharap Bisa Bertemu Meski 10 Menit

Video vertikal diyakini format yang tepat untuk kreator lebih dekat dan personal dengan penontonnya. Namun Instagram juga melihat format landscape memiliki kelebihan terutama saat kreator ingin membagikan video seperti tarian atau olahraga yang melibatkan banyak gerakan serta orang banyak. 

Untuk penonton, IGTV akan jadi tempat menonton dengan lebih banyak konten yang disukai secara langsung dari ponselnya. 

Ini bukan pertama kalinya IGTV mengalami pembaruan. Sebelumnya pada Februari 2019 cuplikan video bisa dilihat dalam Feed, membuat cara baru melihat IGTV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya