Enam Fakta Terkait Apollo 11 yang Mendarat di Bulan

Foto pendaratan Apollo 11 di Bulan dalam Google Earth
Sumber :
  • VIVAnews

VIVA – Minggu ini tepat 50 tahun pendaratan manusia pertama ke bulan. Neil Amstrong mengambil langkah pertamanya di sana, bersama kru lainnya Buzz Aldrin dan Michael Collins menggunakan Apollo 11.

Parah! Menteri Israel Serukan Bulan Suci Ramadhan Dihapus dari Kalender

Dilansir Radio Times, Sabtu 20 Juli 2019, berikut enam fakta di balik Apollo 11 dan pendaratan pertama di bulan.

1. Roket Peluncur Saturn V

Ramadhan: Bulan Penuh Berkah, Saatnya Mengasah Akhlak dan Kepedulian!

Roket peluncur saturn V memiliki tinggi 100 meter lebih serta membakar 20 ton bahan bakar per detiknya ketika diluncurkan. Saturn V memiliki berat 2.800 ton dan menghasilkan 34,5 ton ketika diluncurkan.

2. Tempat Tidur Kru Kapal

Hidup Astronot Terancam

Meskipun memiliki roket besar, tapi para kru harus menghabiskan delapan hari di kompartemen kecil. Tempat istirahat mereka kira-kira berukuran mobil besar.

Tempat tidurnya berupa kantong tidur yang diikat ke kabin untuk menghentikan mereka mengambang. Selain itu, terdapat sebuah sofa untuk duduk saat take off dengan luas 3,9 meter.

3. Modul Apollo 11

Tidak ada yang tahu keberadaan modul Apollo 11. Setelah modul bulan digunakan, mereka akan dibuang dan kemungkinan besar menabrak bulan, terbakar di atmosfer bumi atau hanya mengorbit pada bulan. Apollo 5 dan 6 terbakar, Apollo 12 jatuh di bulan, dan Apollo 11 dikabarkan mengorbit di sekitar matahari.

4. Kata Pertama Neil Amstrong

Saat mendarat di bulan, Amstrong mengatakan satu kalimat yang menjadi kutipan ikonik. "Satu langkah kecil untuk manusia, satu lompatan besar bagi umat manusia," kata Neil Amstrong pada 20 Juli 1969.

5. Kostum Astronot

Kostum tersebut dibuat dan seharga sekitar 79 ribu poundsterling. Setelan khusus itu dibuat oleh para ahli bra alias penjahit yang membuat bra dan korset Playtec ketika International Latex Corporation memenangkan kontrak baju untuk Apollo.

Terdapat persyaratan khusus mengenai pembuatan baju tersebut. Jika ada kesalahan jahitan maka bisa menghapuskan seluruh pakaian astronot itu.

6. Keterlibatan Wanita

Apollo 11 bukan hanya dikerjakan oleh pria, tapi Nasa juga memperkerjakan beberapa wanita. Ada ahli matematika wanita yang bertindak sebagai komputer manusia. Selain wanita, Apollo 11 juga memperkerjakan berbagai pegawai dari ras campuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya