Kondisi Kapal Titanic Semakin Menyedihkan

Kondisi terkini kapal Titanic
Sumber :
  • Irishpost

VIVA – Masih ingat dengan RMS Titanic? Kapal penumpang super dari Inggris Raya itu, tenggelam di Samudera Atlantik pada 1912.

Atlet Cantik Indonesia Juara Renang Artistik di Kanada

Kapal karam, lantaran menabrak gunung es saat berlayar untuk pertama kalinya dari Southampton, Inggris ke New York, Amerika Serikat.

Kisah tenggelamnya kapal super mewah itu sempat diangkat ke layar kaca, dengan judul Titanic. Meski kejadiannya sudah lama, namun minat masyarakat terhadap informasi kapal itu begitu besar.

5 KSAD Termuda Sepanjang Sejarah, Ada Peraih Gelar Jenderal Bintang 5

Awal Agustus 2019, sekelompok ekspedisi menggunakan kapal selam berawak menuju ke bangkai kapal naas tersebut, untuk menggelar survei dan pengambilan gambar kondisi terkininya. Hal itu dilakukan di dasar Samudra Atlantik Utara, dengan kedalaman 3.810 meter.

Baca juga: Ahok Komentari Pernyataan Ustaz Abdul Somad soal Salib

Khazanah: Ibnu Sina, Filsuf Berjuluk Bapak Kedokteran Modern

Tim ahli dan ilmuwan memeriksa bangkai kapal, dan mengabadikan kondisi Titanic untuk pertama kalinya menggunakan kamera yang diadaptasi secara khusus.

"Saat yang paling menakjubkan, ketika aku berjalan di sepanjang sisi Titanic dan lampu-lampu terang dari kapal selam terpantul ke arah kapal. Rasanya seperti kapal mengedipkan mata. Itu menakjubkan," ungkap ketua tim, Victor Vescovo, dilansir dari Irishpost, Sabtu 24 Agustus 2019.

Kamera berteknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) digunakan untuk keperluan itu. Dengan cara ini, ilmuwan bisa lebih jelas melihat kondisi kapal dan membandingkannya dengan saat masih megah terapung.

Berada di air dengan suhu satu derajat Celcius, bangkai kapal rentan terhadap pusaran air dan menjadi sasaran arus laut yang terus berubah.  Korosi garam, bakteri pemakan logam dan aksi arus memiliki dampak terbesar terhadap eksterior dan interiornya.

Kondisi terkini kapal Titanic

Tim juga sempat mengamati satu area, yakni di kamar kapten. Beberapa sisi ruangan tersebut sudah mulai runtuh. Bak mandi yang jadi favorit film Titanic, sudah hancur.

Usai kegiatan, tim meletakkan karangan bunga dan mengadakan upacara singkat, untuk menghormati korban kapal karam ini pada 1912 itu. Hasil lengkap penelitian akan dipublikasikan secepatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya