Logo WARTAEKONOMI

3 Tahun Lagi Kamu Bisa Menginap di Antariksa

Ilustrasi berjalan di Bulan. (FOTO: Foto: Facebook/Baadal Nanjundaswamy.)
Ilustrasi berjalan di Bulan. (FOTO: Foto: Facebook/Baadal Nanjundaswamy.)
Sumber :
  • wartaekonomi

50 tahun sejak manusia menginjakkan kaki di bulan untuk pertama kalinya, manusia lain masih penasaran dengan hal-hal berbau antariksa. Bukan cuma untuk memenuhi rasa penasaran, bahkan ada yang berencana membuka usaha di luar angkasa.

Perusahaan California, Gateway Foundation berencana membuka hotel antariksa. Kini, perusahaan meluncurkan rancangan hotel antariksa Von Braun Station yang ditargetkan pada 2025 dan beroperasi penuh pada 2027.

Tak hanya itu, startup teknologi Orion Span juga berencana merilis hotel Aurora Station pada 2022. “Stasiun itu berbentuk roda berputar, terdiri atas 24 modul yang mengelilingi Bumi,” jelas pernyataan Gateway Foundation, dikutip dari Business Insider, Kamis (26/92/2019).

Roda berputar itu akan menciptakan gravitasi buatan, papar Arsitek Desain Senior Gateway Foundation, Tim Alatorre kepada CNN. Stasiun itu akan memutari Bumi, lalu isi stasiun keluar seperti air yang ada di ember.

“Di dekat pusat stasiun tak ada gravitasi buatan, tapi Anda bisa bergerak turun ke luar stasiun untuk mencoba gravitasi buatan,” papar Alatorre.

Rancangan hotel tersebut dinamai Wernher von Braun, ahli aerospace yang mengawali teknologi roket. Namanya dipilih oleh Gateway Foundation karena desain stasiun dibuat berdasarkan gambarnya pada 60 tahun silam.

Alatorre bilang, “fisik dasar stasiun tak berubah sejak 1950-an.”