Logo WARTAEKONOMI

Alien Dituding Mata-Matai Manusia, Serius?

Ilustrasi luar angkasa. (FOTO: Unsplash/Shelton Media)
Ilustrasi luar angkasa. (FOTO: Unsplash/Shelton Media)
Sumber :
  • wartaekonomi

Ilmuwan membeberkan teori, kalau mahluk luar angkasa atau alien, memata-matai Bumi menggunakan pengintai yang disematkan di antara asteroid.

Fisikawan Universitas Stanford Amerika Serikat, Ronald Bracewell sempat mengungkapkan teori kelompok galaksi superior pada 1960. Itu artinya, galaksi dapat digunakan untuk menyelidiki dan memantau bentuk kehidupan lain.

Menanggapi gagasan itu, Fisikawan James Benford menyampaikan, “asteroid dekat Bumi (co-orbital objects) jadi tempat yang paling ideal sebagai medium pengintaian. Batuan-batuan itu berada di sekeliling Bumi dan Matahari.”

Namun, baru sedikit batu yang pernah ditemukan. Yang terbaru bernama HO3 2016, telah mengorbit di sekitar Bumi hampir seratus tahun. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menganalogikannya sebagai rekan setia dari planet tempat kita tinggal.

“HO3 2016 mengelilingi planet kita, tetapi tak pernah pergi terlalu jauh karena Bumi dan Asteroid sama-sama berputar di sekitar Matahari,” jelas peneliti , Paul Chodas.

Sementara itu, Benford mengatakan, jarak antara asteroid dan Bumi membuat benda luar angkasa itu menjadi tempat ideal untuk alien mengintai Bumi. Bahkan mungkin, ada alat pendukung pengintaian di asteroid seperti HO3 2016.

“Kita harus selidiki, entah melalui pengamatan spektrum elektromagnetik atau pun radar planet, bahkan mengunjunginya menggunakan pesawat ruang ,” tulis Benford.