Pantau Kondisi Gunung Berapi dengan Aplikasi Ini

Gunung berapi meletus
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Salah satu bencana alam yang sering melanda di Indonesia, adalah erupsi gunung api. Kepala Subbidang Mitigasi Gunungapi PVMBG, Devy Kamil Syahbana mengatakan, pihaknya melakukan mitigasi dengan memonitor 69 gunung api, pada 74 pos pengamatan gunung api selama 24 jam.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Pemantauan ini dilakukan secara visual dan instrumental. Yaitu, ada peralatan berupa seismometer, deformasi GPS, pengukuran biokimia, serta menggunakan drone untuk melihat perkembangan kondisi kawah dan melakukan analisis data satelit.

"Dan ini dilakukan setiap hari, untuk memastikan bahwa masyarakat aman. Kami harus melakukan monitoring setiap hari," kata Devy di Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Data-data ini, menurut Devy, bisa diakses melalui aplikasi Magma Indonesia. Mereka melakukan diseminasi informasi secara terus menerus ke masyarakat, agar bisa mengetahui apa yang harus dilakukan.

Rekomendasi yang dimaksud, seperti mengetahui daerah mereka aman, maupun informasi tentang adanya aktivitas, sehingga masyarakat sekitar bisa menjauh untuk sementara waktu.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Dia juga bercerita soal tantangan dari mitigasi, yaitu keseimbangan untuk menyelamatkan jiwa dan juga soal aktivitas warga di sekitar tempat bencana. Salah satunya terjadi di Gunung Tangkuban Parahu, yang mengalami erupsi sepanjang September lalu dan juga menjadi tempat perekonomian seperti untuk wisata.

"Karena Tangkuban Parahu sendiri bukan hanya tempat dikunjungi turis, tapi dia tempat bekerja untuk beberapa orang. Kami menyadari itu, dan kami berharap aktivitas Tangkuban Parahu terus menurun, sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan normal," ujar dia.

Ilustrasi penipuan di online

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Seorang Ibu Rumah Tangga di Bogor bernama Jehan, menjadi korban penipuan berkedok kerja paruh waktu Shopee. Ia kehilangan uang hingga Rp131 juta, karena tergiur dengan im

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024