Logo WARTAEKONOMI

Galaksi Tempat Bumi Tinggal Ternyata 'Menelan' Galaksi Lain

Duh, Galaksi Tempat Bumi Tinggal Ternyata Hancurkan
Duh, Galaksi Tempat Bumi Tinggal Ternyata Hancurkan
Sumber :
  • wartaekonomi

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta

Tampaknya, Galaksi berasal dari kombinasi galaksi-galaksi kecil di sekitarnya. Yang artinya, Bima Sakti mencuri sejumlah galaksi kerdil yang dulunya milik Galaksi Large Magellanic Cloud (LMC).

LMC berdekatan dengan Bima Sakti. Bukan hal yang mengherankan jika terjadi proses penggabungan berkelanjutan antara kedua galaksi yang bertetangga itu. Sebab, itu merupakan proses umum di alam semesta.

Penemuan peristiwa penggabungan itu berasal dari data terbaru teleskop ruang Gaia. “Pengamatan termasuk data tentang pergerakan beberapa galaksi terdekat dari Bima Sakti saat ini,” tulis laporan studi, dikutip dari laman Space, Jumat (18/10/2019).

Tim peneliti pun membandingkan informasi yang didapat dengan simulasi yang menampilkan gerakan-gerakan tersebut dalam jangka waktu yang lama. Dari situ ditemukan fakta, empat bitang kerdil ultrafaint dan dua galaksi kerdil bernama Carina dan Fornax dulunya bagian dari LMC.

Laporan penelitian menyebutkan, “tapi, Bima Sakti sebagai galaksi yang lebih besar, berhasil merobek LMC karena medan gravitasi yang lebih kuat.”

Dalam istilah kosmik, pencurian itu tak terjadi sejak dulu. Peneliti memprediksi, itu terjadi dalam kurun waktu sekitar 1 miliar tahun , jangka waktu yang pendek jika menengok usia semesta yang sudah menginjak 13,8 miliar tahun.