Jelang Tahun Baru Masyarakat Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin
Sumber :
  • www.bmkg.go.id

VIVA – Di penghujung Desember nanti wilayah Indonesia khususnya di bagian barat akan mengalami Gerhana Matahari Cincin (GMC).  GMC akan terjadi ketika bulan berada segaris dengan Bumi dan Matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan Bumi.

Apa Bedanya Gerhana Matahari Cincin dan Total?

Dikutip dari situs gerhanaindonesia.id disebutkan bahwa lokasi terbaik untuk melihat peristiwa ini ada di Siak, Riau. Peristiwa alam ini akan terjadi pada 26 Desember 2019.

GMC diprediksi mulai pukul 12:15 WIB, posisi puncak pada 12:17 WIB dan berakhir pada 12:19 WIB. Tidak hanya Siak, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) juga merilis wilayah mana saja yang bisa menyaksikan GMC.

Siap-siap Menyaksikan Gerhana Matahari 'Bola Disko'

Jalur gerhana mencakup area Sibolga dan Padang Sidempuan, Sumatera Utara, kemudian Riau di wilayah Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi dan Pulau Rangsang.

Sedangkan di Kepulauan Riau akan melewati Batam dan Tanjung Pinang. Lalu di Kalimantan Barat bisa dilihat dari Singkawang, kemudian Makulit dan Tanjung Selor Kalimantan Utara serta Berau, Kalimantan Timur.

Hati-hati, Cincin Api Akan Muncul di 8 Wilayah Ini

Penjelasan ini selaras dengan bantahan Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin tentang kekeliruan broadcast di beberapa WhatsApp Grup yang mengatakan GMC bisa dilihat diseluruh wilayah.

"GMC hanya di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Di wilayah Indonesia lainnya hanya gerhana Matahari sebagian sekitar tengah hari. Tiap kota waktunya berbeda-beda," tulisnya dalam keterangan.

Gerhana Matahari Cincin Api.

Jangan Sampai Lewat! Begini Cara Lihat Gerhana Matahari Cincin Api di Indonesia

Fenomena Gerhana Matahari Cincin Api akan berlangsung pada Sabtu, 14 Oktober 2023. Sayangnya, momen menakjubkan ini tidak dapat disaksikan secara langsung di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2023