Benarkah Ikan Oarfish yang ditemukan di Selayar Pertanda Gempa Bumi?

ikan oarfish
Sumber :
  • wetpixel.com

VIVA – Siang hari ini masyarakat tengah dihebohkan dengan sebuah video yang diunggah di media sosial instagram. Melalui akun Makassar info terdapat video berdurasi satu menit yang menunjukkan penemuan ikan oarfish di Selayar oleh nelayan. 

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Ikan oarfish yang ditemukan tersebut terlihat memiliki panjang 3 meter. Ikan oarfish ini diketahui hidup di kedalaman 100 hingga 1000 meter. Ikan oarfish ini jarang sekali ditemukan dipermukaan, kalau tidak ada yang mengharuskannya muncul ke permukaan.

Ikan oarfish ini sering dikaitkan dengan gempa bumi dahsyat dan bahkan tsunami. Lalu apa hubungan kemunculan ikan oarfish dan gempa bumi bahkan tsunami?

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Dalam cerita rakyat Jepang, hewan memainkan peran penting dalam asal mula gempa bumi di Namazu.  Menurut sebuah cerita populer, penyebab gempa bumi adalah ikan lele raksasa yang tinggal di sana. 

Ikan ini bersembunyi di suatu tempat di bawah daratan Jepang, kadang-kadang ia menggoyangkan ekornya, sehingga menyebabkan gempa bumi. Beberapa peneliti percaya bahwa mitos Namazu didasarkan pada orang yang memperhatikan perilaku lele yang tidak biasa sebelum gempa bumi.  

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Namun, para folklorist mencatat bahwa sejarah di balik mitos itu jauh lebih rumit.  Namazu dianggap sebagai salah satu yo-kai, makhluk mitologi dan cerita rakyat yang menyebabkan kemalangan dan bencana.  Penggambaran namazu telah dikenal sejak abad ke-15, namun, baru pada akhir abad ke-18 ikan ini sering dikatikan dengan bencana alam.

Oarfish raksasa, makhluk laut  yang hidup di kedalaman 650 hingga 3.300 kaki, adalah ikan bertulang terpanjang di dunia, yang tumbuh hingga 15 kaki atau lebih.  Oarfish ini dianggap bertanggung jawab atas beberapa penampakan ular laut oleh pelaut Eropa. Di Jepang, spesies ini secara tradisional dikenal sebagai "Ryugu no tsukai" atau sebagai "Jinja-nya" dan diyakini sebagai pelayan atau pembawa pesan raja-naga, penguasa laut.  

Sebelum gempa bumi dan tsunami di Fukushima pada tahun 2011, terlihat setidaknya selusin oarfish muncul ke garis pantai Jepang.  Kehadiran ikan tersebut memicu artikel tentang hubungan antara penampakan dan gempa bumi.  Bukan hanya itu saja, pada tahun 2010 oarfish juga ditemukan nelayan sebelum gempa berkekuatan 8,8 magnitudo menghantam Chile. 

Namun pada Juli 2015, seekor oarfish hidup ditangkap di dekat Pulau Santa Catalina di lepas pantai California selatan.  Ini merupakan oarfish ketiga yang terlihat dalam 19 bulan di perairan sekitar pulau atau terdampar di pantai.  

Pada 2014, satu spesimen tersapu ke pantai di sepanjang garis pantai Santa Monica dan pada 2013 hanya dalam waktu satu minggu, dua spesimen ditemukan mati di pantai Pulau Santa Catalina.  Beberapa media mencari hubungan antara penampakan oarfish dan aktivitas gempa di sepanjang patahan San Andreas, tetapi tidak ada yang ditemukan.

Di sisi lain, ahli biologi telah mengajukan berbagai penjelasan mengapa ikan oarfish secara berkala ditemukan di permukaan laut atau ditemukan mati di sepanjang pantai.  Mereka bukan perenang hebat, melainkan arus musiman bisa mendorong oarfish ke permukaan, di mana mereka akhirnya mati karena kelelahan.  

Seperti yang dicatat oleh para peneliti di media sosial, hubungan yang paling mungkin antara penampakan berulang ikan oarfish ditemukan dengan fase suhu permukaan laut yang tidak normal.  

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 menunjukkan korelasi antara untaian ikan oarfis dan tahun-tahun El Niño. Selama El Nino, suhu di permukaan beberapa derajat lebih tinggi dari rata-rata sementara di kedalaman yang lebih dalam, tempat ikan hidup, airnya lebih dingin dari biasanya.  

Oarfish memakan plankton dan ikan kecil, yang mengikuti air yang lebih hangat karena oarfish mengikuti makanan pilihannya ke permukaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya