Logo BBC

Gerhana Matahari Cincin, Catat Waktu dan Tempat Terjadinya

LAPAN mengimbau masyarakat agar tidak melihat ke arah matahari dengan mata telanjang saat mengamati gerhana. - SEPTIANDA PERDANA/Antarafoto
LAPAN mengimbau masyarakat agar tidak melihat ke arah matahari dengan mata telanjang saat mengamati gerhana. - SEPTIANDA PERDANA/Antarafoto
Sumber :
  • bbc

Gerhana matahari cincin akan melintasi wilayah Indonesia pada hari Kamis (26/12), kata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Gerhana itu terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta berada pada titik terjauh dari bumi.

Ini menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil dari matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

Menurut informasi di laman LAPAN, gerhana diprediksi akan mulai pada pukul 12:15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12:17 WIB, dan berakhir pada pukul 12:19 WIB.

Kabupaten Siak, Riau dan Kota Singkawang, Kalimantan Barat disebut merupakan lokasi paling ideal untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Sementara di wilayah Indonesia lainnya, yang tampak hanya gerhana matahari sebagian.

"Misalnya di daerah Sumatera Selatan mencapai 80% sedangkan di Pulau Jawa mencapai 70-80%. Sementara itu wilayah lain di Indonesia dapat melihat gerhana sebagian dengan porsi tertutupnya Matahari hingga paling sedikit 20% di wilayah selatan Papua.

"Semakin mendekati jalur pusat gerhana, porsi tertutupnya matahari semakin besar," tulis lembaga itu.