Peneliti Temukan Planet Seukuran Bumi, Rumah Alien?

Planet Bumi.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) telah menemukan planet yang mirip dengan Bumi, berpotensi jadi rumah bagi alien. Planet ini dijuluki TOI 700 d, ditemukan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA. 

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Atmosfer Bumi Hilang

Dilansir dari laman Mirror, Kamis, 9 Januari 2020, peneliti juga menemukan bahwa planet ini jadi salah satu yang layak huni diantara beberapa planet seukuran Bumi. 

"TESS dirancang dan diluncurkan secara khusus untuk menemukan planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang. Planet di sekitar bintang sangat mudah diamati menggunakan teleskop," ujar Astrophysics Division Director NASA, Paul Hertz. 

Pakar Ungkap Alasan Alien Enggan Berkunjung ke Bumi

Planet ini mengorbit bintang kerdil M, yang letaknya 100 tahun cahaya dari Bumi. Bintang itu diperkirakan 40 persen dari masa dan ukuran Matahari kita. 

Ada beberapa planet yang tampak mengorbit, dari mulai yang paling terdalam adalah TOI 700 b merupakan planet berbatu yang ukurannya hampir sama dengan Bumi. 

Menelisik Kehidupan Kembaran Bumi

Di bagian tengah ada TOI 700 c, ukurannya 2,6 kali lebih besar dari planet kita, yang di dalamnya didominasi dengan gas. Sedangkan ukuran TOI 700 d, 20 persen lebih besar dari Bumi dan jadi satu-satunya zona layak huni. 

Untuk mengonfirmasi ukuran dan komposisi planet-planet, NASA menggunakan Spitzer Space Telescope. Kepastian kondisi di dalamnya belum bisa diketahui. Peneliti menggunakan model iklim 3D untuk memprediksi jenis permukaan dan komposisi atmosfer. 

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Manusia Bisa Hidup di Planet Selain Bumi karena AI

Banyak orang terobsesi dengan menciptakan kehidupan di luar Bumi. Terbaru, manusia bisa hidup di Mars dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

img_title
VIVA.co.id
17 November 2023