Fenomena Langka Supermoon dan Planet-planet Terang di Februari

Fenomena alam Supermoon terlihat dari Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, 19 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

VIVA – Februari 2020 akan menjadi bulan yang baik bagi mereka pengamat langit. Selain bisa menyaksikan planet-planet tetangga bumi, akan ada juga penampakan supermoon di langit.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Dilansir dari situs Fox News, Minggu, 2 Februari 2020, supermoon terbesar di tahun ini dijuluki sebagai super snow moon. Pada 1979 ungkapan ini berarti ketika orbit elips bulan membawanya ke titik terdekat dengan Bumi saat bulan penuh.

"Ketika bulan purnama muncul di perigee (titik terdekat ke bumi), itu sedikit lebih terang dan lebih besar dari fenomena bulan purnama biasa. Di situlah terjadi fenomena supermoon," jelas Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) dalam web-nya.

Astronom Temukan Planet Baru Mirip Bumi

Sedangkan snow moon sebenarnya memainkan peran penting dalam budaya asli Amerika. Sebagai bulan di pertengahan musim dingin atau bulan purnama kedua musim dingin, suku asli Amerika menyebutnya sebagai snow moon karena bertepatan dengan turunnya salju tebal di bumi.

Kemudian akan ada planet-planet yang tampil menonjol di bulan ini, seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. EarthSky menjelaskan bahwa akan ada dua planet yang terang setelah matahari terbenam, dan sisanya akan terlihat sebelum matahari terbit.

Planet Ini Punya Ekor Panjang karena Tertiup Angin Matahari

"Dua planet malam, Venus dan Merkurius akan terlihat di barat setelah Matahari terbenam. Mars, Jupiter dan Saturnus akan terlihat di Timur sebelum fajar," jelasnya.

Di Washington pada 4 Februari 2020 akan menjadi pagi pertama bagi Saturnus muncul di atas cakrawala, di timur-tenggara saat pagi hari ketika senja dimulai.
 

Ilustrasi kiamat.

5 Ramalan Kiamat yang Berhasil Buat Geger Umat Manusia

Setiap beberapa tahun, tampaknya ada ramalan tentang kedatangan hari kiamat. apokaliptik terakhir mengaitkan akhir bumi dengan tanggal 21 Desember 2012, ramalan kiamat.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024