Mematikan, Ular Weling Termasuk 5 Ular Paling Berbahaya di Dunia

Ular weling.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ular weling kembali memakan korban. Ya, baru-baru ini seorang bocah 4 tahun asal Cirebon, tewas digigit ular weling saat sedang tidur di rumahnya di malam hari. Bocah bernama Adila tersebut tewas setelah mengalami koma selama lima hari.

Kejadian seseorang tewas digigit ular weling ini bukan kali pertama. Sebelumnya, seorang satpam perumahan di Tangerang juga mengalami nasib yang sama. Ia tewas setelah terkena gigitan ular weling di jari telunjuknya.

Melihat fakta-fakta di atas, ular weling memang dikenal mematikan. Racunnya dapat merusak jaringan saraf dan mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian. Bahkan, ular dengan nama latin Bungarus Candidus ini masuk dalam daftar lima ular paling berbahaya dan mematikan di dunia. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman Wonderslist.

Pria Temukan Ular Berbisa di Dalam Sepatunya: Hampir Saja Mati!

Baca juga: Ular Weling, si Pemalu yang Suka Menyiksa Korbannya?

Ular weling
Ular yang disebut juga sebagai blue krait atau Malayan krait di luar negeri ini masuk urutan kelima sebagai ular paling berbahaya di dunia. Ular weling juga menjadi salah satu spesies ular paling mematikan. Ular jenis ini biasa ditemukan di wilayah Asia Timur, Indonesia dan Korea Selatan.

Sekitar 60 persen ular weling mampu membunuh hewan besar, bahkan dapat menyerang koloni gajah. Ular weling masuk dalam golongan nokturnal dan dikenal karena sifat agresifnya. Saat mereka marah, mereka dapat menyerang spesies ular yang sama. Jadi, lebih baik menjauh jika menemukan ular weling, karena ular ini dapat menyerang secara tiba-tiba, yang menyebabkan kram, gatal, bahkan kematian.

Ular harimau
Berada di urutan keempat ada ular harimau. Ular jenis ini dapat ditemukan di Australia dan Selandia Baru. Ular harimau biasanya hidup di hutan lebat dan memiliki racun neurotoksik. Satu gigitan ular harimau, diketahui dapat menyebabkan kematian hanya dalam waktu 20 menit. Biasanya, ular ini tidak akan menyerang manusia, jika tidak diusik.

Mamba hitam
Mamba hitam merupakan spesies ular asli benua Afrika. Mamba hitam jauh lebih agresif dibanding jenis ular lainnya. Ular ini mampu merayap dengan kecepatan 23 km/jam untuk menangkap mangsa mereka. Racun mamba hitam mengandung bahan kimia hemotoxin yang sangat berbahaya yang dapat menghentikan detak jantung kamu hanya dalam beberapa menit.

Taipan
Taipan memiliki racun neurotoksik yang cukup berbahaya dan mampu membunuh lebih dari 10 ribu marmut pada satu waktu. Saat menggigit manusia, ular ini akan memasukkan racunnya yang bakal menghambat sirkulasi darah di pembuluh darah. Korbannya dapat mengalami kelumpuhan selama berbulan-bulan. Namun, perawatan medis yang tepat dan penggunaan antivenin dapat menyelamatkan nyawa korban.?

Modal Alat Dapur, Wanita Ini Selamatkan Kucing dari Lilitan Ular Besar

Anaconda

Anaconda.
Ya, anaconda berada di urutan pertama sebagai ular paling berbahaya dan mematikan di dunia.  Anaconda sering dimunculkan dalam film-film dan digambarkan sangat menakutkan. Ukuran ular ini sangatlah besar bahkan dapat menelan manusia. Racun anaconda sangat mematikan. Bobot dari seekor anaconda bisa mencapai 600 pon atau lebih. Seekor anaconda mampu menelan 3-5 tubuh manusia hanya dalam waktu setengah jam saja.

10 Ular Paling Berbisa di Dunia, Sekali Gigit Nyawa Langsung Minggat
Ilustrasi ular piton.

Ular Berbahaya Ditemukan dalam Tas Anak, Pawang: Ini Sangat Bahaya

Seorang ahli pawang ular di Australia belum lama ini dipanggil ke rumah keluarga untuk menghilangkan ular berbisa yang ditemukan di kamar tidur seorang gadis umur 7 tahun

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024