Pengguna Twitter Tembus 75 Juta

VIVAnews - Meskipun sempat melamban pertumbuhannya pada paruh kedua tahun 2009, situs mikroblog Twitter menutup tahun kemarin dengan jumlah pengguna yang sensasional, 75 juta akun, naik 33 persen dalam empat bulan terakhir.

Namun, dalam laporan RJMetrics Inc, lebih dari 50 persen dari 75 juta itu justru pengguna non aktif, tetapi jumlah registrasi pengguna baru terus meningkat.

VIVAnews lansir dari Sanfrancisco Bizjournals, menurut RJMetrics, Twitter mencapai puncaknya pada Juli silam, di mana tercatat 2-3 pengguna baru tiap detiknya dengan 6,2 juta pengguna baru sepanjang satu bulan.

Tetapi, sekarang sudah menurun 20 persen dibandingkan ketika itu. Paparan data tersebut juga mengindikasikan bahwa rata-rata akun Twitter yang terdaftar tidak aktif nge-tweet.

Selama bulan Desember, tutur salah satu analis lembaga riset RJMetrics Robert J Moore menuturkan, diketahui sekitar 17 persen akun pengguna yang nge-tweet sekali selama sebulan, 80 persen akun yang memposting kurang dari 10 kali, 40 persen akun yang tak pernah posting sama sekali, dan 25 persen akun yang tidak memiliki pengikut (followers).

"Angka-angka tersebut mungkin bisa memberikan refleksi tentang kecepatan pertumbuhan Twitter, seiring para Twitterian mengoleksi pengikut dari waktu ke waktu," ujar Moore, yang juga pendiri lembaga riset asal New Jersey itu.

heri.susanto@vivanews.com