Kaum Bumi Datar Tidak Sengaja Buktikan Teori Mereka Salah

Ilustrasi bumi datar atau flat earth.
Sumber :
  • Instagram/@brightonstation

VIVA – Sekelompok orang yang percaya teori Bumi itu datar, tidak sengaja membuktikan jika planet ini berbentuk bulat. Kejadian ini terekam dalam sebuah film dokumenter yang dirilis tahun 2018 lalu, berjudul Behind The Curve.

5 Ramalan Kiamat yang Berhasil Buat Geger Umat Manusia

Mengutip laman Metro, Sabtu 26 September 2020, film ini menghadirkan pembawa acara kanal YouTube soal bumi datar bernama Jeran Campanella. Dia mengatakan, jika di dalam hati semua orang percaya bentuk planet bukan bulat.

"Jauh di dalam diri, saya pikir semua orang tahu (Bumi) itu datar," ungkapnya.

Astronom Temukan Planet Baru Mirip Bumi

Lalu dia melakukan eksperimen soal teori Bumi datar. Campanella menggunakan tiga dinding dengan ketinggian dan jarak yang sama. Dari sana akan disinari laser dan bisa digunakan untuk mengukur ketinggian  dua lainnya yang sama. Namun pengukuran pertama tidak berhasil, jadi dia punya ide lain.

Baca juga: Intip Spesifikasi Asus ROG Phone 3 yang Dijual Rp15 Juta

Planet Ini Punya Ekor Panjang karena Tertiup Angin Matahari

Eksperimen lain adalah menyinari sinar lewat lubang pada dua styrofoam dengan tinggi yang sama. Di bagian ujung diletakkan sebuah kamera. Menurutnya, sinar akan bisa terlihat dari posisi kamera, hal ini untuk membuktikan jika bumi itu datar.

Namun ternyata, sumber cahaya harus diangkat dalam ketinggian yang berbeda agar terlihat dari kamera. Klaim Campanella menjadi tak sah, sebab ini mengindikasikan lengkungan pada Bumi dan tidak datar.

Bumi Datar.

Dia pun sadar jika sinar tak terlihat oleh kamera dan meminta untuk menaikkan sumber cahaya. Setelah itu Campanella tak membahas hasil eksperimennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya