Patung Dewa Nefertem Ditemukan di Mesir

Penemuan mumi di Mesir
Sumber :
  • Livescience

VIVA – Dalam rentang waktu satu bulan, peti mati tersegel berisi mumi yang ditemukan di penggalian arkeologi di Saqqara, Mesir, jumlahnya telah membengkak dari 13 menjadi 59 dan masih akan bertambah lagi.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

"Peti mati berwarna-warni, yang berasal dari dinasti ke-26 Mesir (688 SM hingga 525 SM), ditemukan bertumpuk di dalam atau di dekat tiga sumur pemakaman. Mumi-mumi tersebut masih disimpan di dalam peti mati, dan tulisan hieroglif di peti mati menunjukkan bahwa kebanyakan dari mumi adalah pendeta," ujar Kementerian Purbakala Mesir dalam sebuah pernyataan, dikutip VIVA Tekno dari Livescience, Rabu 7 Oktober 2020.

Di samping peti mati, mereka menemukan sisa 28 patung kecil. Salah satu yang paling menarik adalah patung dewa Nefertem setinggi hampir 14 inci atau 35 sentimeter, yang ditampilkan dengan mengenakan hiasan kepala berbentuk seperti bunga teratai.

Ramalan dari Naskah Prabu Jayabaya Tentang Gempa Dahsyat dab Makan Banyak Korban Jiwa

Dalam mitologi Mesir kuno, Nefertem adalah dewa yang dikaitkan dengan bunga teratai dan merupakan putra Ptah, yaitu dewa pencipta yang populer di Memphis, ibu kota pertama Mesir (Saqqara berfungsi sebagai kuburan untuk Memphis).

Baca juga: Gak Perlu Pakai Pelet, Mau Disukai Orang Lain Ikuti Tips Simpel Ini

Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air

"Saqqara disebut Saqqara karena dewa Soker. Pada Zaman Akhir [waktu peti mati tanggal], ada kombinasi dewa Ptah dari Memphis dengan Soker. Ini unik. Saya belum pernah melihat ini sebelumnya," kata Zahi Hawass, mantan menteri barang antik Mesir, dalam video yang dirilis oleh kementerian.

Patung kecil lain yang ditemukan di dekat peti mati menggambarkan dewa Ptah-Soker, penggabungan antara dewa Ptah dan Soker. Selain itu, banyak juga patung shabti yang ditemukan dalam peti mati. Orang Mesir kuno sering menguburkan orang mati dengan patung-patung shabti, yang mereka yakini dapat digunakan untuk orang yang meninggal di akhirat.

Saat ini, penggalian di Saqqara dilakukan oleh tim Mesir yang dipimpin oleh Mustafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Barang Purbakala Mesir. Mereka berharap, akan lebih banyak peti mati serta artefak lainnya yang segera ditemukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya