Dua Lusin Planet Lebih Layak Huni Dibanding Bumi

Ilustrasi exoplanet atau planet di luar Tata Surya.
Sumber :
  • Instagram/@benny_gunther

VIVA – Para peneliti menemukan ada dua lusin planet di luar sana, yang lebih layak huni dibandingkan Bumi. Objek antariksa itu berusia lebih tua dari tempat tinggal manusia saat ini.

Kapan Bumi Kiamat?

Selain itu, peneliti menemukan jika planet-planet tersebut memiliki karakteristik sedikit basah, hangat dan berukuran lebih besar dari Bumi.

"Kami berfokus pada planet tertentu yang memiliki kondisi menjanjikan untuk kehidupan kompleks. Namun, kami juga harus berhati-hati untuk mencari Bumi kedua, karena masih ada planet mungkin lebih cocok untuk ditinggal dibandingkan yang kita punya," kata ahli astrobiologi dari Universitas Washington, Dirk Schulze-Makuch, dilansir dari Live Science, Sabtu 10 Oktober 2020.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Penemuan 24 objek ini menggunakan teleskop Kepler. Namun, seluruh temuan ini kemungkinan bisa saja planet atau tidak. Dua telah dikonfirmasi bagian dari Eksoplanet, dan disebut Kepler 1126b dan Kepler 69c.

Baca juga: Apple iPhone 12: Bocoran Harga, Spesifikasi dan Kapan Bisa Dibeli

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Selain itu seluruh temuan memiliki karakteristik masing masing. Ada sembilan objek mengorbit pada bintang yang tepat, 16 objek berusia dalam rentang yang tepat dan lima objek memiliki suhu yang cocok.

Namun, para peneliti membuat catatan soal suhu permukaan sebuah planet. Yakni, akan bergantung pada efek rumah kaca yang ada di atmosfernya.

Dari ketiga kategori, hanya ada satu objek, yakni KOI 5715.01 yang memenuhi seluruh karakteristik.

Seluruh 24 objek itu berjarak berkisar 100 tahun cahaya dari Bumi dan memang agak jauh untuk dipelajari sekarang, meski menggunakan teleskop terkuat sekalipun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya