Ada Planet Pengembara di Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Planet pengembara atau rogue planet terkecil di Galaksi Bima Sakti, berhasil ditemukan. Kemungkinan ukurannya lebih kecil dari Bumi.

5 Ramalan Kiamat yang Berhasil Buat Geger Umat Manusia

Planet itu nampaknya ada tanpa terikat pada bintang seperti Bumi dengan Matahari. Massa objeknya diperkirakan hanya 10 persen dari tempat tinggal manusia ini, dan sebenarnya banyak jumlahnya di antariksa namun sulit terdeteksi.

"Penemuan kami menunjukkan, planet mengambang bebas dengan massa rendah dapat terdeteksi dan dilihat menggunakan teleskop berbasis darat," ungkap salah satu penulis penelitian, Andrzey Udalski seperti dilansir dari laman Space, Jumat, 30 Oktober 2020.

Astronom Temukan Planet Baru Mirip Bumi

Sejauh ini para astronom telah menemukan lebih dari 4000 eksoplanet. Sebagian dari objek itu berhasil dicari menggunakan metode transit, yang mencatat kecerahan saat melewati pusat tata surya nya.

Metode lainnya adalah menggunakan pergerakan kecepatan radial. Yakni, dengan melihat gerakan bintang yang diinduksi oleh tarikan gravitasi planet.

Hujan Amaterasu: Fenomena Misterius yang Membingungkan Para Astronom

Keduanya menggunakan bintang yang diorbit planet saat melakukan pencarian. Dengan begitu, metode yang sama tak bisa digunakan untuk mencari planet pengembara karena tak memiliki pusat tata surya.

Para peneliti menggunakan microlensing gravitasi. Cara ini melihat objek saat lewat di depan sebuah bintang dari jarak jauh.

Saat terjadi, tubuh paling dekat menjadi lensa gravitasi, membengkokkan dan memperbesar cahaya bintang dengan mengungkap massa objek di depannya serta karakteristik lainnya.

"Jika hanya mengamati satu bintang sumber, kita harus menunggu hampir satu juta tahun untuk melihat sumber yang diamati menggunakan microlensing," ungkap penulis utama studi dan peneliti postdoctoral California Institute of Technology Pasadena, Przemek Mroz.

Baca juga: Segini Banyaknya Pesan yang Sudah Dikirim via WhatsApp

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya