Asteroid Ini Bisa Bikin Kaya 7 Turunan

Ilustrasi Asteroid.
Sumber :
  • NASA Solar System Exploration

VIVA – NASA sedang mengincar sebuah asteroid. Batuan logam itu dikabarkan bisa membuat kaya raya, yakni senilai US$10 ribu kuadrilion.

Bumi Punya Tameng Langit

Namanya Asteroid 16 Psyche, yakni obyek terbesar di sabuk asteroid yang mengorbit di antara Mars dan Jupiter.

"Kami melihat meteorit yang sebagian besar berasal dari logam, namun Psyche bisa menjadi unik sebab menjadi asteroid yang terbuat dari besi dan nikel," ungkap peneliti dari Southwest Research Institute, Tracy Becker dilansir dari laman USA Today, Jumat, 30 Oktober 2020.

Terpopuler: Kaya atau Miskin Bisa Dilihat dari Wajah, Efek Samping Minum Susu saat Perut Kosong

Dia mengatakan, kemungkinan asteroid itu merupakan protoplanet terbentuk saat terbentur dengan obyek lain di sistem tata surya kita. Lalu kehilangan mantel dan keraknya.

Penelitian Becker menggunakan Teleskop Antariksa Hubble. Studi tersebut hadir saat NASA juga bersiap meluncurkan pesawat luar angka dengan nama Psyche juga, untuk melakukan misi ke asteroid itu sebagai upaya memahami inti planet.

Riset: Kaya atau Miskin Ternyata Bisa Dilihat dari Wajah

Program NASA itu akan meluncur tahun 2022. Diperkirakan akan tiba di asteroid pada 2026.

Asteroid dengan bahan logam sangat jarang di tata surya. Jadi, para peneliti percaya Psyche dapat menawarkan pengalaman lain untuk melihat ke dalam inti planet.

NASA sebenarnya tak memiliki rencana untuk membawa asteroid dalam keadaan utuh. Selain itu juga tak memiliki teknologi untuk menambang material di dalamnya.

Tahun 2017 lalu, para peneliti juga meyakini tidak memiliki rencana untuk mengambil keuntungan dari asteroid itu.

"Kami akan belajar mengenai pembentukan planet, namun kami tidak akan mencoba membawa material nya kembali dan menggunakannya untuk kebutuhan industri," ungkap ilmuwan dalam misi Psyche, Carol Polanskey.

Baca juga: Ada Planet Pengembara di Galaksi Bima Sakti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya