Megalodon Bertemu Mosasaurus, Siapa yang Menang?

Ilustrasi Megalodon vs Mosasaurus
Sumber :
  • Whatifshow

VIVA – Pada zaman purba, terdapat dua hewan predator di lautan, yaitu Megalodon dan Mosasaurus. Keduanya memang tak pernah bertemu di waktu bersamaan. namun jika diadu siapa pemenangnya?

Tak Hanya Turis, Biawak pun Jadi Korban Pemerkosaan Predator Seks di India

Kedua hewan itu berbeda 50 juta tahun masa hidupnya. Reptil air seperti Mosasaurus punah pada akhir Zaman Kapur, dan kemudian kekosongan di lautan diisi oleh Megalodon.

Melansir laman Fossilera, Rabu 4 November 2020, dari segi ukuran Megalodon jauh lebih besar. Mosasaurus Hofffmanni terbesar diperkirakan panjangnya mencapai 59 kaki atau 17,9 meter.

Menegangkan! Momen Pertarungan Hiu Vs Buaya Air Asin di Lautan

Photo :
  • oceansofkansas.com

Mosasaurus memiliki jumlah 40-50 gigi berukuran besar, kerucut dan tajam. Rahangnya berbentuk panjang serta meruncing, dan memiliki engsel ganda dengan tengkorak yang fleksibel.

Seberapa Canggih Teknologi Baru Acer

Bentuk tersebut memungkinkan hewan itu bisa menelan mangsa secara utuh, seperti ular zaman sekarang. Mosasaurus bukan predator penggigit mangsa, ia akan menelannya secara utuh.

Mosasaurus merupakan seekor reptil yang menghirup udara, jadi akan muncul ke permukaan air untuk mengisi paru-paru dengan oksigen. Sementara, anggota tubuhnya seperti dayung dengan kulit yang menyatukan tulang jari tangan serta kaki.

Di sisi lain, Megalodon memiliki panjang 18 meter dan besar bukaan rahang 2 meter, dengan 276 gigi terkompresi seperti pisau. Hewan ini memiliki tubuh seperti hiu putih besar dan lebih kuat.

Photo :
  • U-Report

Untuk menangkap mangsanya, Megalodon akan membuat serangan dari bawah dengan gigitan yang kuat. Giginya juga diketahui sangat kuat walaupun berbenturan dengan tulang hewan lain.

Dengan karakteristik tadi, nampaknya Megalodon akan jadi pemenangnya dengan satu gigitan bisa melumpuhkan lawannya.

Mosasaurus hanya bisa memangsa hewan yang lebih kecil. Meski punya tubuh yang panjang serta kurus, tapi itu tidak akan membantu dia lari dari Megalodon.

Baca juga: Hebatnya Fitur Baru WhatsApp

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya