Ada Kapal Selam China di Laut Terdalam Bumi

Kapal selam China
Sumber :
  • Sciencetimes

VIVA – Kapal selam China, Fendouzhe baru saja mencapai salah satu tempat terdalam di planet ini, mencapai kedalaman hingga 10.909 meter. Berbulan-bulan melakukan perjalanan, mereka berhasil menyelesaikan 13 penyelaman ke Palung Mariana.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Dikutip dari laman Live Science, Selasa, 1 Desember 2020, misi dimulai pada 10 Oktober lalu. Delapan di antaranya berhasil hingga kedalaman 10.000 meter, dan yang paling terdalam pada 10 November.

Namun rekor dunia hingga saat ini masih dipegang oleh Victor Vescovo yang menyelam hingga 10.934 meter. Kedalaman yang diraih Fendouzhe mengalahkan penyelaman solo James Cameron pada 2012, dengan kedalaman 10.908 meter.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Kapal selam dan pilot Fendouzhe menghabiskan waktu mereka di kapal penelitian Tansuo-1. Mereka mampu mengatasi kesulitan seperti topan, hujan dan suhu tinggi.

Mencapai palung Mariana jadi kebanggaan tersendiri bagi negara Tirai Bambu itu. Selama lebih dari satu dekade, mereka telah mencurahkan sumber dayanya untuk penyelaman kru ultradeep.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Sebelumnya mereka juga pernah memiliki kapal selam laut dalam Tiongkok, Jiaolong, yang mencapai kedalaman 3.759 meter pada 2010. Pencapaian ini membuat China bergabung dengan klub yang hanya terdiri dari beberapa negara saja.

Bukan hanya sekadar menyelam, di sana peneliti juga mengumpulkan sampel sedimen, batuan dan biologi yang ada di dasar palung. Tansuio-1 akan kembali ke pelabuhan Hainan dengan Fendouzhe di atas kapal. 

Kegiatan penambangan Bumi Resources.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) meraih laba bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024