Pesawat China Datang dari Luar Angkasa Bawa Benda Berharga

Pesawat luar angkasa China
Sumber :
  • SCMP

VIVA – Pesawat luar angkasa China, Chang'e 5 telah lepas landas dari permukaan Bulan untuk melaksanakan misi berikutnya, kembali ke Bumi dan membawa sampel Bulan yang sangat berharga untuk penelitian.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Dikutip dari laman Space, Sabtu 5 Desember 2020, wahana kecil yang ada di Chang'e 5 itu lepas landas dari Oceanus Procellarum pada Kamis, pukul 10:10 EST. Terakhir kali misi pengambilan sampel tanah dan batuan dilakukan di Bulan pada 1976

Enam menit setelah lepas landas, pesawat mencapai orbit Bulan, menjadi tonggak penting misi China berikutnya. Kemudian tugas kendaraan pendaki bertemu dengan modul pengorbit.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Jika sudah, maka kargo berharga itu akan dipindahkan ke kapsul dan siap dibawa pulang. Tahap selanjutnya adalah pertemuan dan penambatan yang cukup menantang antara kendaraan pendakian dengan pengorbit Chang'e 5.

Pesawat ruang angkasa itu akan memulai pendekatan pada Sabtu 15 Desember dan menyelesaikan doknya 3,5 jam kemudian. Jika berjalan lancar, China akan mempersiapkan perjalanan terakhir, mengirim sampel Bulan pertama sejak 44 tahun yang lalu.

5 WN China Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan

Namun, sampel bulan tidak akan segera pulang. Pesawat ruang angkasa Chang'e 5 harus menunggu di orbit bulan selama beberapa hari menunggu posisi yang ideal antara Bumi dan Bulan.

Perjalanan kembali ke Bumi akan berlangsung lebih dari empat setengah hari. Seperti perjalanan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), modul akan memantul dari atmosfer untuk memperlambat kecepatan sebelum terjun ke Bumi.

Ilustrasi hacker.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Amerika Serikat pada Senin, 25 Maret 2024 mengumumkan penuntutan terhadap tujuh warga negara China atas tuduhan melakukan kampanye peretasan jahat yang disponsori negara.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024