Ditemukan Tanda Kehidupan di Mars

Planet Mars.
Sumber :
  • National Geographic

VIVA – Sebuah makalah baru yang diterbitkan di Advances in Microbiology menunjukkan gambar close-up permukaan Mars, yang mengungkapkan keberadaan jamur hidup dan sehat di planet ini.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Klaim tersebut cukup berani, tetapi para peneliti memberikan argumen mengesankan, yang tampaknya menunjukkan sesuatu yang aneh telah terjadi di sana. 

Makalah ini menghasilkan banyak bukti potensial bahwa berbagai bentuk kehidupan yang mirip dengan jamur itu kemungkinan ada di Planet Merah. Beberapa gambar menunjukkan apa yang tampak seperti bercak putih yang menyerupai lumut menutupi bagian permukaan. 

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Gambar lain menunjukkan struktur bola yang menurut para peneliti mirip dengan jamur puffball di Bumi. Mereka bahkan memberikan gambaran tentang pertumbuhan bakteri di penjelajah NASA Perseverance yang tampaknya tumbuh dari waktu ke waktu, menurut situs BGR, Senin, 10 Mei 2021.

“Jamur tumbuh subur di lingkungan yang mempunyai radiasi intens. Foto-foto yang mendokumentasikan spesimen Mars yang mirip jamur muncul dari tanah dan bertambah besar, termasuk yang menyerupai puffballs (Basidiomycota)," kata peneliti. 

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Araneiform atau Arktik hitam tumbuh hingga 300 meter di musim semi dan menghilang saat musim dingin. Sedangkan saat musim dingin yang berperan besar ialah jamur hitam, jamur, lumut, alga, metanogen, dan spesies pereduksi sulfur.

"Spesimen seperti jamur bakteri hitam juga muncul di atas penjelajah. Dalam serangkaian foto selama tiga hari (Sol), spesimen amorf putih dalam suatu celah berubah bentuk dan pindah tempat, yang kemudian menghilang," jelasnya. 

Beberapa foto yang dimasukkan para peneliti tampaknya merupakan gambar yang telah ditangani oleh NASA dan dianggap sebagai tanda-tanda kehidupan. Sedangkan yang disebut puffballs tampak seperti blueberry yang telah diamati NASA di berbagai tempat di Mars.

Bola-bola ini dianggap sebagai hasil dari penumpukan mineral di dalam batuan dan erosi berikutnya. Beberapa gambar lain agak sulit untuk dijelaskan, tetapi NASA belum benar-benar menunjukkan bahwa apa pun yang dipotretnya di Mars adalah bukti kehidupan.

Ada banyak proses geologi yang dapat meniru proses biologis. NASA tampaknya sangat ingin menemukan bukti kehidupan, baik di masa kini maupun di masa lalu. Tetapi kita harus menunggu sampai beberapa bukti yang benar-benar tak terbantahkan muncul. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya