Arkeolog Temukan Jimat Emas di Kota yang Hilang

Jimat emas yang ditemukan arkeolog di Kota Thonis-Heracleion
Sumber :
  • Livescience

VIVA – Para arkeolog telah menemukan bangkai kapal Mesir kuno berusia 2.200 tahun yang tenggelam setelah dihantam balok raksasa dari kuil Amun. Bagian dapur dari kapal tersebut ditemukan di bawah Laut Mediterania di Thonis-Heracleion, sebuah kota yang tenggelam ke air.

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Kapal yang diidentifikasi berjenis galai cepat itu adalah sejenis kapal dengan layar besar yang akan didorong ke kecepatan relatif tinggi oleh tim pendayung. Kendaraan ditemukan memiliki panjang 82 kaki (25 meter) dengan garis lambung datar. Fitur ini biasa ditemukan di antara kapal kuno yang mengarungi Sungai Nil.

Kapal tenggelam setelah terkena balok besar dari kuil Amun, hancur total selama peristiwa bencana di abad ke-2 SM, menurut tim arkeolog dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh European Institute for Underwater Archaeology.

Harga Emas Hari Ini 24 April 2024: Global dan Antam Kompak Anjlok

Peristiwa bencana itu kemungkinan adalah gempa bumi, menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir dalam sebuah pernyataan. Galai itu saat ini terkubur di bawah tanah liat dan puing-puing yang berjarak lebih dari 16 kaki (5 m) dari kuil. Para peneliti menggunakan sonar jenis terbaru untuk menemukannya.

"Penemuan kapal cepat dari periode ini masih sangat langka. Kapal itu dibangun dengan teknik mortise-and-tenon, di mana potongan-potongan kayu dengan tonjolan yang disebut duri ditempatkan ke dalam potongan-potongan kayu dengan lubang yang disebut mortises dipotong ke dalamnya," kata President European Institute for Underwater Archaeology, Franck Goddio.

Harga Emas Hari Ini 23 April 2024: Produk Antam Amblas, Global Bervariasi

Kapal tua ditemukan di Kota Thonis-Heracleion.

Photo :
  • Livescience

Di lokasi kota yang tenggelam ini, para arkeolog juga menemukan tanah pemakaman yang telah digunakan sejak 2.400 tahun yang lalu. Tim menemukan tembikar yang memiliki hiasan rumit, termasuk satu bagian yang tampaknya memiliki gambar ombak yang dilukis di bagian atas.

Para arkeolog juga menemukan jimat emas yang menggambarkan Bes, dewa Mesir yang dikaitkan dengan kelahiran dan kesuburan, mengutip dari situs Live Science, Selasa, 27 Julu 2021.

Orang Mesir kuno terkadang menggunakan gambar dewa untuk melindungi anak kecil dan wanita yang melahirkan. Tanah pemakaman ditutupi dengan tumulus besar, tumpukan batu yang biasa digunakan di dunia kuno untuk menandai lokasi pemakaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya