Apa Itu Perubahan Wujud Benda? Simak Penjelasannya di Sini!

Ilustrasi Perubahan Wujud Benda
Sumber :
  • pinterest.com

VIVA – Perubahan wujud benda adalah sebuah peristiwa berubahnya bentuk suatu benda menjadi bentuk yang lain dan berbeda. Perubahan wujud benda ini kerap kali kita temui di sekitar kita dan kadang tidak terlihat prosesnya.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Secara umum, terdapat tiga wujud benda yang kerap ditemui yaitu benda padat, cair, dan gas. Molekul pada benda ini senantiasa bida bergerak seperti dalam gerak translasi atau gerak pindah tempat dan gerak vibrasi atau bergerak di tempat.

Benda padat, cair, dan gas dapat mengalami perubahan wujud, misalnya berubah warna, bentuk atau bau. Perubahan ini terjadi disebabkan suatu benda dipanaskan atau didinginkan memakai suhu tertentu. Perubahan ini bisa bersifat sementara atau tidak sementara dan bisa menghasilkan atau tidak menghasilkan zat yang baru.

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

Nah, bagaimana perubahan wujud benda tersebut?

Sifat-sifat benda

Bikin Geram, Netizen Temukan Prilly Latuconsina Masak Hidangan Lebaran Pakai Gas Subsidi

1. Benda padat

Ilustrasi es batu.

Photo :
  • U-Report

Benda padat memiliki sifat-sifat yang hanya dimiliki oleh benda tersebut, berikut diantaranya:

  • Memiliki bentuk yang tetap meskipun diletakkan pada tempat berbeda.
  • Benda padat bisa diubah bentuknya dengan melakukan hal-hal tertentu seperti dipukul atau ditekan.

2. Benda cair

Ilustrasi air putih.

Photo :
  • U-Report

Benda cair juga memiliki sifat-sifat tertentu yang menjadi ciri khasnya sebagai berikut:

  • Memiliki bentuk yang tidak tetap dan menyesuaikan dengan bentuk wadahnya.
  • Selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah
  • Dapat meresap melalui celah kecil
  • Menekan ke segala arah
  • Permukaan pada benda cair selalu datar

3. Benda gas

Ilustrasi Uap Air

Photo :
  • pinterest.com

Benda gas memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Benda gas memiliki bentuk dan volume yang menyesuaikan dengan bentuk wadahnya. Bentuk gas ini bergantung pada bentuk wadahnya. Selain pada bentuknya, volume udara juga menyesuaikan dengan volume atau isi wadahnya.
  • Benda gas akan menekan ke segala arah. Pada saat balon ditiup, seluruh balon tersebut akan mengembang. Hal inilah yang menandakan bahwa sifat gas menekan ke segala arah. Sifat ini juga dapat ditemui ketika kamu memompa ban kendaraan.

Perubahaan wujud benda

1. Menyublim

Menyublim adalah sebuah peristiwa perubahan zat dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini, zat akan membutuhkan sebuah energi panas. Misalnya sebuah benda kamper ketika didiamkan dalam ruangan terbuka atau di luar dari bungkusnya maka akan habis lama kelamaan.

2. Mengkristal

Mengkristal adalah sebuah perubahan wujud benda dari gas menjadi padat. Peristiwa ini terjadi disebabkan oleh adanya pelepasan energi panas dari benda. Misalnya dalam proses kristalisasi mulut botol wadah madu akan muncul butiran-butiran gula.

3. Mencair

Mencair adalah sebuah perubahan wujud benda padat menjadi cair. Sebuah benda akan mencari karenanya pemanasan. Perubahan ini juga kerap dinamakan sebagai meleleh. Misalnya kamu memakan es krim di hari yang panas, es krim akan cepat mencair karena kepanasan.

4. Membeku

Membeku adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada benda cair. Membeku adalah kebalikan dari mencair dan merupakan perubahan dari benda cair menjadi benda padat. Peristiwa ini bisa dipengaruhi oleh suhu dingin. Misalnya kamu meletakkan air putih di dalam freezer. Dalam beberapa saat, air [putih tersebut akan berubah menjadi beku dan padat.

5. Menguap

Menguap merupakan peristiwa berubahnya wujud benda cair menjadi gas. Perubahan wujud ini dipengaruhi oleh adanya pemanasan. Penguapan tersebut bukan terjadi hanya pada benda cair saja, melainkan bisa juga terjadi pada tubuh kita. Misalnya ketika kita mengeluarkan keringat, keringat akan menguap dan mendinginkan tubuh. Kemudian kita juga bisa melihat contoh penguapan pada air yang dipanaskan akan mendidih dan mengeluarkan uap.

6. Mengembun

Mengembun adalah sebuah peristiwa perubahan wujud benda gas menjadi cair. Embun ini akan timbul pada gas di udara mendingin dan berubah wujud menjadi embun. Contoh dari peristiwa mengembun ini dapat kita temukan dalam tumbuhan atau rumput di pagi hari. Kemudian bisa juga dilihat pada jendela kaca ketika hujan turun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya