Cara Mencari HP yang Hilang pada Ponsel Android & iPhone

ilustrasi ponsel
Sumber :

VIVA – Mungkin salah satu dari kamu pernah mengalami kehilangan HP, baik yang memang lupa menaruh atau hilang dicuri. Kita pasti berusaha mencari cara untuk melacak HP tersebut agar bisa kembali ke tangan kita.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Ada beberapa cara bagi pengguna untuk mencari ponsel yang hilang. Beberapa diantaranya mengandalkan aplikasi bawaan dari perangkat itu sendiri. Cara ini akan dibutuhkan saat kebingungan cara mencari HP yang hilang. Berikut beberapa cara melacaknya:

1. Android

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Bagi pengguna ponsel Android bisa menggunakan layanan Find My Device dari Google untuk mengaksesnya. Pihak perusahaan dalam laman Support menuliskan bahwa ada sejumlah syarat untuk bisa menemukannya yakni dalam keadaan menyala, masuk ke akun Google, terhubung dengan data seluler atau Wifi, terlihat di Google Play, lalu aktifkan lokasi dan aktifkan Find My Device.

Cara pertama yaitu, masuk ke laman android.com/find. Di sana kamu bisa melakukan aktivitas temukan, kunci atau hapus dari jarak jauh. Berikut caranya:

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang
  1. Buka android.com/find. Lalu login ke Akun Google, jika memiliki lebih dari satu telepon, klik telepon yang hilang di bagian atas layar. Namun, jika ponsel yang hilang mempunyai lebih dari satu profil penguna, masuk dengan Akun Google yang ada di profil utama.
  2. Ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi.
  3. Pada bagian peta akan ada informasi lokasi ponsel. Namun perlu diingat, lokasi merupakan perkiraan dan mungkin tidak akurat. Namun, jika ponsel tidak ditemukan bisa melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.
  4. Terdapat pilihan pada bagian bawah layar. 
  • Putar suara untuk membunyikan ponsel dengan volume penuh, maka dalam lima Menit walaupun ponsel dalam keadaan silent atau getar. 
  • Perangkat aman: mengunci ponsel dengan Pin, Pola atau password. Jika tidak memiliki kunci dapat juga diatur. Untuk membantu pengguna mengembalikan ponsel, pengguna juga bisa menambahkan pesan atau nomor ponsel di layar kunci. Hapus perangkat: ini bisa menghapus semua data di ponsel secara permanen, namun mungkin tidak menghapus di SD Card. Setelah dihapus maka Find My Device tidak berfungsi.
  • Pilihan lain bagi sejumlah pengguna smartphone Samsung adalah menggunakan layanan Find My Mobile. Dengan cara ini kita bisa mencari, mengunci, atau menghapus ponsel yang hilang tersebut.

Pemilik ponsel akan memerlukan akun Samsung dan opsi Remote Conrols diaktifkan dalam perangkat. Untuk memeriksa dan melihat apakah Find My Mobile tersedia dalam smartphone kamu, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Buka Settings > Biometrics & Security.
  • Jika menemukan Find My Mobile dalam menu, kamu bisa menggunakan layanan yang tersedia.
  • Lalu kamu bisa aktifkan opsi Remote Control dengan menuju ke Settings > Find My Mobile > Remote Controls.

2. iPhone

Apple memiliki aplikasi bernama Find My iPhone yang dapat membantu menemukan iPhone yang hilang. Aplikasi ini telah diinstal di setiap perangkat iiOS dan menampilkan ponsel yang hilang pada peta untuk membantu menemukan dan mengelolanya.

Satu persyaratan nya adalah kamu menggunakan ponsel, tablet atau komputer iOS lain yang memiliki aplikasi Find My iPhone. Silahkan simak cara menggunakannya:

  1. Klik Settings > Nama Apple ID > Find My iPhone.
  2. Ini akan membawa pengguna ke Find My iPhone dimana kamu bisa menyalakan Find My iPhone jika dalam keadaan mati.
  3. Setelah itu, kamu harus aktifkan Enable Offline Finding dan Send Last Location. ini akan membantu mengirimkan lokasi terakhir ponsel dalam layanan internet jika iPhone mati.
  4. Lalu, silahkan kembali ke Settings Apple ID dan scroll layar untuk melihat seluruh perangkat dalam daftar. Klik perangkat yang hilang dan lalu akan dibawa ke laman Device Info untuk langsung mencarinya.
  5. Klik Find My iPhone dan tekan Show in Find My iPhone dan akan terlihat perta lokasi tepatnya dan cara untuk ke lokasi itu.
  6. Layanan ini juga memberikan pilihan agar ponsel dapat mengeluarkan suara, menandai jadi perangkat yang hilang dan mengirimkan pesan ke telepon dalam mode hilang.
  7. Terdapat juga opsi menghapus perangkat apabila jatuh ke tangan yang salah.

iPhone dapat mempertahankan keamanan yang tinggi saat HP kita dicuri. Yaitu dengan menggunakan Activation Lock, dan mengaktifkannya secara default, Activation Lock mengharuskan untuk mengklik Apple ID dan password sebelum menonaktifkan Find My iPhone, menghapus perangkat atau mengaktifkannya lagi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya