Emansipasi China Bakal Terbukti di Luar Angkasa

Ilustrasi Stasiun Antariksa China Tiangong di orbit Bumi.
Sumber :
  • Dokumen CMSA

VIVA – Salah satu dari astronot wanita China akan berada di antara awak misi Shenzhou 13, yang berangkat ke stasiun luar angkasa China. Tiga anggota kru Shenzhou 12 baru saja kembali ke Bumi setelah 90 hari berada di modul Tianhe dari stasiun ruang angkasa Tiangong. 

Wanita Muda Diduga Dibunuh Mantan Suami Saat Cekcok

Pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 3 diluncurkan dan merapat dengan Tianhe pada hari Senin, 20 September 2021, membawa 6.000 kilogram pasokan. Kru berikutnya diharapkan diluncurkan pada misi Shenzhou 13 sekitar 3 Oktober dari Jiuquan di Gurun Gobi. 

Meski kru belum diumumkan secara resmi, media China secara terbuka membahas masuknya astronot wanita. Asumsi ini tampaknya cukup beralasan. Perlu diketahui bahwa kru Shenzhou 12 mengirim Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo ke orbit, bersama Zhai Zhigang, Wang Yaping dan Ye Guangfu. 

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Zhai terbang kembali pada tahun 2008, ketika dia memimpin misi Shenzhou 7. Ye belum terbang, tetapi dia berpartisipasi dalam program pelatihan astronot European Space Agency's Cooperative Adventure for Valuing and Exercising Human Behavior and Performance Skills (CAVES) pada Juli 2016, bersama astronot NASA.

Sementara itu Wang Yaping menjadi wanita China kedua di luar angkasa pada tahun 2013 di Shenzhou 10 yang mengunjungi Tiangong 1, laboratorium luar angkasa yang dirancang sebagai tempat percobaan untuk modul Tianhe yang jauh lebih besar.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Wang adalah bagian dari kru cadangan untuk Shenzhou 9. Barisan cadangan itu kemudian mendapat lampu hijau untuk Shenzhou 10. Wang juga diketahui telah mengikuti pelatihan awal tahun ini untuk misi Stasiun Ruang Angkasa.

Jika benar, Wang akan menjadi wanita pertama dari negaranya yang mengunjungi Stasiun Luar Angkasa China. Partisipasinya di sana sangat penting, mengingat korps astronot China didominasi oleh laki-laki dan belum pernah ada perempuan yang menginjakkan kaki di stasiun baru tersebut.

Dikutip VIVA Tekno dari laman Space.com, Minggu 26 September 2021, hanya ada dua wanita dari 12 tim elit astronot China yang terbang ke luar angkasa. Pertama adalah Liu Yang di Shenzhou 9 pada 2012, setahun sebelum penerbangan Wang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya