Masyarakat Diajak Cari Rumah Alien

Proxima Centauri
Sumber :
  • planetary

VIVA – Para peneliti meminta bantuan masyarakat dalam mengidentifikasi exoplanet. Planet Hunters Next-Generation Transit Search (NGTS) yang dijalankan oleh sebuah kelompok astronom internasional, telah berpengalaman selama lima tahun dalam hal memilah exoplanet

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Misinya adalah relawan akan melihat bintang yang redup sebentar, yang kemungkinan tertutupi karena adanya sebuah planet yang lewat di depan bintang, menurut situs Science Alert, dikutip VIVA Tekno Minggu 24 Oktober 2021.

Itu dikenal sebagai transit oleh para ahli. Untuk menemukan exoplanet, peserta tidak perlu pengalaman apa pun untuk mencoba menemukannya.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Mereka hanya harus memiliki mata yang tajam dan kesabaran untuk menyaring gambar yang dikumpulkan oleh teleskop NGTS yang berbasis di Observatorium Paranal European Southern Observatory (ESO) di Chile.

Exoplanet.

Photo :
  • Pixabay
Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

"Sangat menyenangkan bisa melibatkan masyarakat dalam pencarian kami untuk planet di sekitar bintang lain. Kami cukup yakin program komputer kami telah kehilangan beberapa planet," kata astrofisikawan Peter Wheatley dari University of Warwick di Inggris. 

Program ini akan menjadi sinyal yang paling tidak biasa dan mungkin bisa menemukan beberapa planet yang paling menarik.

Manusia masih lebih pintar dari mesin dan dia tidak sabar dengan apa yang akan ditemukan relawan, termasuk kemungkinan tempat tinggal kaum alien.

Ada banyak data yang mereka miliki. Setiap 10 detik, teleskop NGTS menangkap bidikan ribuan bintang di langit. Algoritma digunakan untuk menandai kemungkinan peristiwa transit, tetapi algoritma ini tidak sempurna.

Perangkat lunak ini dapat memilih peredupan yang bukan dari exoplanet serta peredupan yang hilang atau kemungkinan berasal dari exoplanet.

Jika Anda memutuskan untuk terlibat, Anda akan diperlihatkan bagan pembacaan cahaya yang diambil dari bintang-bintang di luar angkasa. 

Tugas relawan adalah mengategorikan bagan-bagan ini dan mengidentifikasi bentuk-bentuk yang ditampilkannya. Sukarelawan dan ahli memeriksa silang setiap temuan untuk mencoba dan membantu mengidentifikasi exoplanet yang sebelumnya terlewatkan oleh sistem komputer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya