Masyarakat Diajak Cari Rumah Alien

Proxima Centauri
Proxima Centauri
Sumber :
  • planetary

VIVA – Para peneliti meminta bantuan masyarakat dalam mengidentifikasi exoplanet. Planet Hunters Next-Generation Transit Search (NGTS) yang dijalankan oleh sebuah kelompok astronom internasional, telah berpengalaman selama lima tahun dalam hal memilah exoplanet

Misinya adalah relawan akan melihat bintang yang redup sebentar, yang kemungkinan tertutupi karena adanya sebuah planet yang lewat di depan bintang, menurut situs Science Alert, dikutip VIVA Tekno Minggu 24 Oktober 2021.

Itu dikenal sebagai transit oleh para ahli. Untuk menemukan exoplanet, peserta tidak perlu pengalaman apa pun untuk mencoba menemukannya.

Mereka hanya harus memiliki mata yang tajam dan kesabaran untuk menyaring gambar yang dikumpulkan oleh teleskop NGTS yang berbasis di Observatorium Paranal European Southern Observatory (ESO) di Chile.

Exoplanet.
Photo :
  • Pixabay

Exoplanet.

"Sangat menyenangkan bisa melibatkan masyarakat dalam pencarian kami untuk planet di sekitar bintang lain. Kami cukup yakin program komputer kami telah kehilangan beberapa planet," kata astrofisikawan Peter Wheatley dari University of Warwick di Inggris. 

Program ini akan menjadi sinyal yang paling tidak biasa dan mungkin bisa menemukan beberapa planet yang paling menarik.