Besok Warga Bumi Bisa Lihat Fenomena Komet

Benda luar angkasa / satelit / asteroid / komet.
Benda luar angkasa / satelit / asteroid / komet.
Sumber :
  • Dailyhunt

VIVA – Komet C/2021 A1 (Leonard) memasuki kondisi terbaik untuk dilihat dari Bumi karena letaknya yang dekat dengan Matahari. Benda ini akan bisa terlihat dari teleskop maupun teropong, bahkan sangat mungkin dengan mata telanjang sebelum fajar, di belahan Bumi Utara.

Astronom Gregory J. Leonard, seorang peneliti senior spesialis, menemukan komet tersebut pada 3 Januari di Mount Lemmon Infrared Observatory yang terletak di Pegunungan Santa Catalina, sekitar 17 mil timur laut Tucson, Arizona, dikutip VIVA Tekno dari Space, Minggu 5 Desember 2021.

Sejak penemuannya, komet telah mendekati Matahari dan Bumi, masih menjadi objek yang sangat redup. Sebagian besar komet memang terlalu redup untuk ditangkap oleh teleskop amatir. Tetapi beberapa saat di bulan Desember ini, Komet Leonard akan muncul.

Sekitar 35.000 tahun yang lalu, komet berada di posisi terjauh, di ujung orbit elipsnya yang memanjang, jaraknya sekitar 3.500 unit astronomi dari Matahari. Satu unit astronomi (AU) setara dengan jarak rata-rata Bumi dari Matahari, 92.955.807 mil (149.565.894 kilometer).

Komet Leonard

Komet Leonard

Photo :
  • Dok: NASA

Jadi, 35 ribu tahun yang lalu, Komet Leonard berada sekitar 325 miliar mil (525 miliar km) dari Matahari, diselimuti lingkungan dingin, melayang hanya sepersekian derajat di atas nol di mana semua gerakan molekul berhenti.

Sekarang, Komet Leonard berada di dekat Sang Surya, yang kemungkinan akan menjadi kunjungan terakhirnya ke Matahari di mana konglomerasi gas esnya seperti metana, amonia, dan uap air akan menguap seiring kehangatan Matahari.