Ada Kaitannya dengan Planet Jupiter, Ini 5 Fakta Hari Kamis

Planet Jupiter dengan empat Bulan sebagai satelitnya.
Sumber :
  • Instagram/@simply_telescope

VIVA Tekno – Hari kamis merupakan hari yang mendekati akhir pekan dan mungkin hari yang cukup membahagiakan bagi sebagian orang. Mungkin sebagian besar dari kita hanya tahu bahwa hari kamis adalah hari setelah rabu dan sebelum jumat, padahal hari ini juga punya beberapa fakta menarik yang bisa kamu ketahui.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Lalu deretan fakta apa saja ya yang terkait dengan hari kamis? Simak ulasan mengenai tentang hari kami yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Asal Nama Kamis

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Thor

Photo :
  • DeviantArt

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?
Hari kamis berasal dari kata khamsatun yang dalam bahasa Arab berarti kelima. Memang nama-nama hari di Indonesia yang diadaptasi dari bahasa Arab dan sesuai dengan penanggalan di negeri tersebut hari kamis adalah hari kelima karena pertama kali pertama kali oleh hari minggu atau ahad.

Dalam bahasa Indonesia, kata Thursday sendiri berasal dari kata Thor's Day di mana Thor adalah dewa petir dalam mitologi bangsa Nordik atau bangsa Norwegia kuno

2. Hubungan Dengan Planet Jupiter

Bulan Ganymede milik Planet Jupiter.

Photo :
  • ScienceAlert

Dalam ilmu astrologi setiap hari dalam satu minggu memiliki planetnya tersendiri dan planet tersebut mewakili satu hari dalam satu minggu. Seperti hari-hari lainnya, hari kamis membaca dengan planet Jupiter yang merupakan planet terbesar dalam tata surya.

Dalam kepercayaan agama Hindu planet Jupiter disebut dengan istilah guru dan mengenakan warna kuning serta memberikan sedekah atau memberi makan binatang pada hari kamis dapat menyenangkan planet yang satu ini.

3. Hari Guru Thailand

Gelombang COVID-19 kembali terjadi Thailand, Juli 2022

Photo :
  • AP Photo/Sakchai Lalit

Tidak hanya umat Hindu saja yang menganggap hari kamis adalah hari yang spesial tetapi juga umat Budha terutama di Thailand. Dalam tradisi umat Budha di Thailand hari kamis adalah hari guru atau hari terbaik untuk melakukan aktivitas pendidikan maupun keagamaan.

Di sana upacara keagamaan biasanya dilakukan di hari kamis begitu juga hari kelulusan dalam universitas atau sekolah-sekolah juga selalu diselenggarakan di hari kamis.

4. Hari Mengkonsumsi Ikan

Ilustrasi kapal pukat ikan Rusia

Photo :

Tahukah kamu bahwa di Uni Soviet atau yang kini dikenal sebagai
, sekitar tahun 1970 hingga 1980 hari kami dianggap sebagai hari atau hari ikan karena pada hari ini masyarakat Rusia lebih dianjurkan mengkonsumsi ikan dan ikan.

Jadi bisa dibilang, ikan adalah menu wajib yang harus ada di hari kamis. Memang saat ini tradisi makan ikan di hari kamis sudah tidak berlaku dan dilakukan masyarakat Rusia tapi tetap saja makan ikan adalah sesuatu yang sehat

5. Mitos Hari Kamis

Sinopsis Malam Jumat Kliwon yang Tayang 15 Juni 2022 di ANTV

Photo :
  • antv

Sebenarnya hari kamis tidak memiliki mitos yang berkaitan dengan hari ini namun mitos kamis malam atau malam jumat justru biasanya
santer
kita dengar di Indonesia. Malam jumat kadang dianggap sebagai malam yang mistis dan bagi sebagian orang keluar pada malam jumat adalah sesuatu hal yang harus dihindari.

Entah darimana mitos ini berasal dan hal ini sering terjadi dengan acara yang ditayangkan di televisi atau film yang mengangkat mitos malam jumat.

Nah, bagaimana? Sangat menarik buka, ternyata ada deretan fakta mengenai hari kamis di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya