Baca Buku Cetak Lebih Cepat Ketimbang iPad

Associated Press di Apple iPad
Sumber :
  • inhabitat.com

VIVAnews - Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa membaca di iPad atau Kindle ternyata membutuhkan waktu lebih lama ketimbang membaca buku atau media cetal.

Jakob Nielsen dari Nielsen Norman Group, sebuah perusahaan konsultan pengembangan produk, menyebutkan temuan ini didasarkan pada penelitian pembaca dengan menggunakan empat platform, yakni Kindle 2, iPad dengan aplikasi iBooks, PC monitor dan metode kuno, yakni buku kertas.

Studi menemukan bahwa membaca pada komputer tablet 10,7 persen lebih lambat dibandingkan dengan membaca buku cetak. Namun, meski lebih lambat, Nielsen menemukan pengguna lebih suka membaca pada perangkat elektronik tablet dibandingkan membaca buku kertas.

Temuan Nielsen didasarkan pada kinerja dari 24 pengguna yang gemar dan sering membaca buku. Mereka diminta membaca cerita pendek yang berbeda oleh pada empat platform, kemudian diukur kecepatan mereka membaca dan memahami cerita.

Menurut Nielsen, dari sisi kecepatan, membaca buku cetak umumnya lebih cepat. Pengguna iPad membaca 6,2 persen lebih lambat dibandingkan dengan buku kertas, dan 10,7 persen lebih lambat dibandingkan Kindle 2. Namun, Nielsen tidak memberikan statistik pada waktu yang dibutuhkan untuk membaca lewat PC monitor.

Menariknya, hasil Nielsen menunjukkan bahwa membaca di iPad secara signifikan lebih cepat dibandingkan dengan Kindle 2. Tapi Nielsen mengingatkan bahwa perbedaan kecepatan membaca antara kedua perangkat tersebut tidak terlalu signifikan secara statistik.

"Perbedaan membaca pada iPad dan Kindle 2 sangat kecil sehingga bukan alasan untuk memilih produk yang satu ketimbang yang lain," tulis Nielsen seperti ditulis PCWorld, 6 Juli 2010.

Penelitian ini juga meminta setiap pengguna memberikan penilaian atas setiap format dengan skala 1 sampai 7 poin. Hasilnya, nilai untuk iPad 5,8 poin, Kindle 2 sebesar 5,7 poin dan buku cetak 5,6 poin. Sedangkan perangkat PC monitor berada pada peringkat terakhir, yakni 3,6 poin.

Mereka menyebutkan membaca buku pada monitor PC terlalu banyak menyedot waktu serta seperti berada di tempat kerja. Mereka justru merasa lebih santai membaca buku cetak ketimbang perangkat elektronik.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama
Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024