Internet Kian Terjangkau

Pengguna Milis Lebih Selektif

Internet terlihat mulai membuat pengguna semakin paham akan teknologi dan mengerti apa yang ia butuhkan. Kalau di era dial up pengguna umumnya masih dalam tahap menimba ilmu sebanyak-banyaknya, kini pengguna sudah lebih selektif dalam mendapatkan informasi dari internet. Salah satunya dari milis yang ia ikuti, bila pengguna tersebut masih tetap menikmati bergabung di milis.

Perilaku pengguna seperti itu diutarakan Wiwid Lukiyanto, anggota milis phpug, mailing list kelompok pengguna PHP Indonesia. “Pengguna sekarang lebih selektif dalam memilih komunitas (milis) yang ia geluti,” kata dia. Meskipun koneksi internet sudah semakin mudah dan murah, ia tetap menggunakan milis. “Dari 168 mailing list yang saya ikuti, kini saya hanya aktif di milis yang berhubungan dengan kuliahnya, terutama komputer dan pemrograman. Salah satunya adalah phpug, di mana saya sudah bergabung sejak 4 tahun lalu.” Daripada mengikuti banyak milis dengan tema serupa, ia lebih memilih bergabung di situs jejaring sosial, Facebook.

Semakin mudahnya pengguna dalam menemukan jawaban atas permasalahan dunia teknologi membuat milis tanya jawab umum seputar teknologi berkurang peminat. Tetapi mailing list yang spesifik ke teknologi tertentu atau diskusi yang sifatnya timeless seperti kesehatan dan jual beli barang peminatnya tetap tinggi.

Sebagai contoh, milis Gadtorade. Mailing list yang berisi seputar jual beli produk, khususnya gadget yang dilakukan antar membernya ini tetap ramai aktivitasnya. Menurut Jimmy Auw, salah satu moderator milis tersebut, sejauh ini grafik jumlah anggota milis yang ia kelola selalu naik. Dari data statistik Yahoogroups, aktivitas mailing list yang dibuka sejak Juli 2001 tersebut menujukkan grafik yang stabil, malah cenderung meningkat dibanding tahun sebelumnya. “Biasanya kalau ada gadget baru, ada yang baru beli, atau baru beredar, milis menjadi ramai,” kata Jimmy. “Kalau ada kasus penipuan, biasanya juga memicu anggota milis untuk saling berinteraksi,” katanya. 

Di milis Gadtorade, siapa saja boleh berjualan, termasuk vendor. “Untuk pedagang, update dagangan dibatasi hanya sekali per minggu. Kalau end user biasa, bebas. Tetapi kalau end usernya memang pedagang, ya dibatasi juga,” kata Jimmy. Adapun barang-barang yang sering diperjual belikan di milis tersebut mulai dari ponsel, GPS, notebook, PDA, bag atau pouch untuk gadget. “Kadang-kadang ada juga aksesoris yang agak menyimpang dari gadget, walaupun masih berhubungan dengan IT. Misalnya seperti monitor LCD, televisi, dan lain-lain,” katanya.

Tingkat aktivitas sebuah milis juga dibarengi dengan tren teknologi yang sedang berkembang. Menurut Budhi Astiyadi, anggota milis id-palmos, id-pocketpc, gadtorade, dan beberapa milis lainnya. Ia memberi contoh milis Indonesia-Blackberry yang saat ini aktivitas membernya sangat tinggi. “Soalnya saat ini banyak yang menggunakan BlackBerry yang memang salah satu fitur unggulannya adalah memang untuk e-mail,” kata pengguna yang sudah beberapakali melakukan transaksi di milis Gadtorade.

Seputar tren penurunan tingkat aktivitas milis, Budhi juga mengatakan bahwa salah satu faktornya adalah pengguna yang lebih spesifik memilih milis. Contohnya milis Id-pocketpc yang berdiri sejak Juli tahun 2000. Penurunan aktivitas milis bukan karena pengguna pocket PC (yang sekarang disebut Windows Mobile) berkurang, tetapi sudah terkelompok-kelompok sesuai dengan pabrikannya masing-masing. “Misalnya produk HTC, produk Samsung, produk Sony Ericsson, dan lain-lain. Lebih enak dari milis khusus itu daripada berinteraksi di milis pocket PC secara umum seperti Id-pocketpc,” kata dia. “BlackBerry, berhubung hanya ada satu pabrikannya di dunia, penggunanyapun cukup berkumpul di satu milis saja,” kata pengguna yang memanfaatkan koneksi internet unlimited dari Telkomsel itu.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah
Film Keluar Main 1994

Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Sebuah film yang ditunggu-tunggu, "Keluar Main 1994", tayang perdana di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada hari ini, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024