6 Cara Budaya Menjelaskan Tentang Gerhana

Gerhana Matahari Cincin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA – Tanpa penjelasan ilmiah, penggelapan Matahari (atau Bulan) saat gerhana akan menjadi peristiwa yang mengejutkan. Sepanjang sejarah, gerhana dipandang sebagai gangguan terhadap tatanan alam, dan banyak kelompok yang meyakininya sebagai pertanda buruk. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Banyak masyarakat kuno (dan tidak terlalu kuno) mempunyai penjelasan spiritual mengenai gerhana matahari dan bulan untuk membantu mereka memahami fenomena yang tampaknya tidak dapat dijelaskan dan acak ini. Dikutip dari Britannica, Selasa, 10 Oktober 2023, simak beberapa teori ini dari seluruh dunia.

1. China

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Penampakan Gerhana Bulan Total.

Photo :
  • tvOne

Di Tiongkok kuno, secara umum diyakini bahwa gerhana matahari terjadi ketika seekor naga langit menyerang dan melahap Matahari. Catatan gerhana di Tiongkok termasuk yang tertua di dunia dan berumur lebih dari 4.000 tahun; setidaknya ada yang menyatakan "Matahari telah dimakan". 

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Untuk menakut-nakuti naga dan menyelamatkan Matahari, orang-orang akan menabuh genderang dan mengeluarkan suara keras saat terjadi gerhana. Karena Matahari selalu kembali setelah keributan ini, mudah untuk melihat bagaimana tradisi ini dilestarikan. 

Menariknya, tampaknya masyarakat Tiongkok kuno tidak terlalu peduli dengan gerhana bulan, dan sebuah teks dari sekitar tahun 90 SM menganggap hal tersebut sebagai "masalah biasa".

2. Indian

Gerhana bulan sebagian dilihat dari Jayapura.

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

Mitologi Hindu kuno memberikan penjelasan yang gamblang dan meresahkan tentang gerhana matahari. Menurut legenda, iblis licik bernama Rahu berusaha meminum nektar para dewa dan mencapai keabadian. 

Menyamar sebagai seorang wanita, Rahu berusaha menghadiri perjamuan para dewa dan ditemukan oleh Wisnu. Sebagai hukuman, iblis itu segera dipenggal, dan kepalanya yang dipenggal itu terbang melintasi langit yang menggelapkan Matahari saat terjadi gerhana. 

Beberapa versi mengatakan bahwa Rahu sebenarnya mampu mencuri seteguk nektar tetapi dipenggal kepalanya sebelum ramuan tersebut mencapai seluruh tubuhnya. 

Kepalanya yang abadi, terus-menerus mengejar Matahari, terkadang menangkap dan menelannya, tetapi Matahari dengan cepat muncul kembali, karena Rahu tidak memiliki tenggorokan.

3. Inca

Suku Inca di Amerika Selatan memuja Inti, dewa matahari yang mahakuasa. Inti umumnya diyakini penuh kebajikan, namun gerhana matahari dipahami sebagai tanda kemarahan dan ketidaksenangannya. 

Setelah gerhana, para pemimpin spiritual akan berusaha mengetahui sumber kemarahannya dan menentukan pengorbanan mana yang harus dipersembahkan. 

Meskipun suku Inca jarang melakukan pengorbanan manusia, gerhana diperkirakan kadang-kadang dianggap cukup serius untuk melakukan pengorbanan manusia. Puasa juga merupakan hal yang biasa, dan kaisar sering kali menarik diri dari tugas publik selama dan setelah gerhana.

4. Penduduk asli Amerika

Menurut legenda Choctaw, penyebab gerhana adalah tupai hitam nakal yang menggerogoti Matahari. Seperti naga Cina, tupai harus ditakuti oleh keributan dan teriakan manusia yang menyaksikan peristiwa tersebut. 

Masyarakat Ojibwa dan Cree mempunyai cerita bahwa seorang anak laki-laki (atau terkadang kurcaci) bernama Tcikabis berusaha membalas dendam pada Matahari karena telah membakarnya. 

Meskipun ada protes dari saudara perempuannya, dia menjebak Matahari, menyebabkan gerhana. Berbagai hewan mencoba melepaskan Matahari dari perangkapnya, namun hanya tikus rendahan yang dapat mengunyah tali tersebut dan mengembalikan Matahari ke jalurnya.

5. Afrika Barat

Gerhana Matahari Cincin

Photo :
  • www.bmkg.go.id

Batammaliba adalah suku kuno di Togo utara dan Benin. Menurut legenda mereka, kemarahan dan perkelahian manusia menyebar ke Matahari dan Bulan, yang mulai saling bertarung dan menyebabkan gerhana. 

Ibu pertama yang legendaris, Puka Puka dan Kuiyecoke, mendesak penduduk desa untuk menunjukkan perdamaian kepada Matahari dan Bulan untuk meyakinkan mereka menghentikan perkelahian mereka. Saat terjadi gerhana, masyarakat Batammaliba menebus perseteruan lama dan bersatu secara damai untuk mendorong perdamaian antar benda langit.

6. Mesir

Anehnya, masyarakat Mesir kuno tidak meninggalkan catatan eksplisit apa pun yang merinci gerhana matahari, meskipun peristiwa seperti itu pasti telah diamati oleh para penyembah matahari yang paham astronomi. 
Beberapa pakar berpendapat bahwa mungkin gerhana sangat menyusahkan dan sengaja tidak dicatat agar tidak "memberikan peristiwa tersebut permanen" atau menggoda dewa matahari Re (Ra). 

Seorang Egyptologist berpendapat bahwa berbagai referensi tentang bentuk kebutaan yang tampaknya bersifat metaforis selaras dengan tanggal historis gerhana dan mungkin merupakan catatan simbolis dari peristiwa tersebut. Atau mungkin catatan papirus hilang begitu saja seiring berjalannya waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya