Astronom Temukan Planet Baru Mirip Bumi

Ilustrasi Bumi.
  • Pixabay

Jakarta, 13 Februari 2024 – Para astronom dikejutkan dengan penemuan planet ekstrasurya baru yang menjanjikan, TOI-715b. Dijuluki "Super-Earth", planet ini 1,5 kali lebih besar dari Bumi dan terletak di zona laik huni bintangnya, meningkatkan kemungkinan keberadaan air cair di permukaannya.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

TOI-715b mengorbit bintang katai merah TOI-715, yang 40 persen lebih kecil dari Matahari. Dengan periode orbit 19,3 hari, TOI-715b menerima radiasi bintang yang setara dengan apa yang diterima Merkurius dari Matahari.

Dikutip VIVA Tekno dari laman NASA, suhu permukaannya diperkirakan antara -57°C dan 77°C, yang memungkinkan keberadaan air cair jika atmosfernya mendukung.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Meskipun TOI-715b memiliki potensi besar, masih banyak misteri yang menyelimuti planet ini. Para astronom belum mengetahui atmosfernya terdiri dari apa, dan apakah planet ini memiliki medan magnet yang dapat melindungi kehidupan dari radiasi kosmik.

Ilustrasi planet.

• Freepik
Kapan Bumi Kiamat?

Penemuan TOI-715b menandakan kemajuan signifikan dalam pencarian planet ekstrasurya yang layak huni. Dengan penelitian lebih lanjut, TOI-715b dapat menjadi kandidat yang kuat untuk menjadi rumah kedua bagi umat manusia.

Beberapa pertanyaan yang masih perlu dijawab yakni apakah atmosfer TOI-715b cukup tebal untuk menahan air cair, apakah planet ini memiliki medan magnet dan apakah ada tanda-tanda kehidupan di TOI-715b.

Penemuan TOI-715b membuka peluang baru untuk penelitian:

1. Mempelajari atmosfer TOI-715b untuk mencari tanda-tanda kehidupan
2. Mengirim misi luar angkasa untuk mempelajari planet ini lebih lanjut
3. Mengembangkan teknologi untuk terraforming planet ini, membuatnya lebih cocok untuk kehidupan manusia

Penemuan TOI-715b memberikan harapan baru dalam pencarian planet layak huni. Dengan terus mempelajari planet ini dan planet ekstrasurya lainnya, kita dapat memperluas pemahaman tentang tempat Bumi di alam semesta dan meningkatkan peluang untuk menemukan rumah kedua bagi umat manusia.