5 Hewan Terkencang di Dunia, Nomor 1 Setara Whoosh

Burung Elang Alap-Alap alias Peregrine Falcon
Sumber :
  • eBird

Jakarta, 13 Februari 2024 – Alam liar menyimpan banyak keajaiban, salah satunya adalah kemampuan luar biasa hewan dalam bergerak.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Dari daratan, lautan, hingga udara, terdapat beberapa hewan yang memiliki kecepatan yang luar biasa, bahkan melampaui kendaraan buatan manusia. Berikut adalah 5 hewan terkencang di dunia, dikutip VIVA Tekno dari National Geographics:

1. Elang Alap-Alap Kawah (354 Km/Jam)

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Burung Elang Alap-Alap alias Peregrine Falcon

Photo :
  • eBird

Elang Alap-Alap Kawah, yang juga dikenal sebagai Peregrine Falcon, menduduki puncak sebagai hewan tercepat di dunia. Burung pemangsa ini mampu mencapai kecepatan 354 kilometer per jam saat menukik ke bawah untuk menangkap mangsanya, setara dengan kereta KCIC Whoosh yang beroperasi di Indonesia.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

2. Elang Emas (322 Km/Jam)

Elang emas

Photo :
  • pixabay

Di posisi kedua, terdapat Elang Emas, yang merupakan burung pemangsa terbesar di Amerika Utara. Saat berburu, Elang Emas mampu mencapai kecepatan 322 km/jam saat menukik. Kecepatan ini memungkinkannya untuk menangkap mangsa yang gesit seperti kelinci dan marmut.

3. Kapinis-jarum Asia (169 Km/Jam)

Burung Kapinis-Jarum Asia alias burung walet

Photo :
  • eBird

Beralih ke hewan darat, Kapinis-jarum Asia adalah hewan tercepat di kategori ini. Burung kecil ini mampu terbang dengan kecepatan 169 km/jam, membuatnya menjadi predator yang handal dalam menangkap serangga.

4. Cheetah (120 Km/Jam)

Cheetah

Photo :
  • animalstime.com

Cheetah, yang terkenal dengan kecepatannya, mampu berlari dengan kecepatan 120 km/jam. Hewan ini memiliki tubuh yang ramping, kaki yang panjang, dan ekor yang panjang untuk menjaga keseimbangan saat berlari. Cheetah menggunakan kecepatannya untuk memburu mangsa seperti gazelle dan impala.

5. Ikan Layar (110 Km/Jam)

Ikan Layar alias Sailfish

Photo :
  • Ecotoursadventure

Di lautan, Ikan Layar adalah rajanya kecepatan. Ikan ini mampu berenang dengan kecepatan 110 km/jam. Bentuk tubuhnya yang ramping dan siripnya yang kuat membuatnya menjadi perenang yang gesit. Ikan Layar adalah predator yang ganas dan sering memangsa ikan kecil dan cumi-cumi.

Kecepatan luar biasa yang dimiliki oleh hewan-hewan ini merupakan hasil dari adaptasi dan evolusi selama berabad-abad. Kemampuan ini membantu mereka untuk berburu, melarikan diri dari predator, dan bertahan hidup di alam liar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya