Alasan Tim Cook Pantas Gantikan Steve Jobs

Tim Cook bersama Steve Jobs
Sumber :
  • telegraph.co.uk

VIVAnews - Setelah Steve Jobs mundur, Apple, Inc menunjuk Timothy D. Cook sebagai CEO untuk menggantikan Jobs. Cook sebelumnya merupakan Chief Operating Officer, yang bertanggung jawab dalam semua operasi dan penjualan Apple di seluruh dunia.

Cook bergabung dengan Apple setelah ditunjuk oleh Jobs sebagai Wakil Direktur Senior dan secara cepat berkembang menjadi kepala penjualan untuk seluruh dunia, kepala operasi kantor dan kepala divisi Macintosh.  Cook telah menjalani peran CEO atau efektif sebagai kepala perusahaan selama Jobs absen sebanyak tiga kali untuk perawatan medis sejak Tahun 2004.
 
Sejumlah pengakuan menyebut bahwa Cook memang telah matang untuk menjadi CEO Apple, seperti dikutip dari laman Wired, Kamis, 25 Agustus 2011.
 
Banyak keraguan ketika Apple ditinggal Steve Jobs, yang saat itu sedang cuti karena sakit. Namun, Cook berhasil mematahkan keraguan, Apple tetap berjaya meski sempat ditinggalkan oleh Jobs. 

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Tim Cook bukan hanya memimpin perusahaan saat Apple berjaya saat ini, tapi juga pernah memimpin saat Apple mengalami kejatuhan pada pertengahan 1990-an.
 
Stave Jobs sendiri mengakui kontribusi Cook. Ia merasa terbantu dengan apa yang dilakukannya. “Saya tentu tidak khawatir apakah saya bisa melakukan tiga pekerjaan, tapi setelah Cook datang, kami sudah melakukan hal yang lebih baik daripada Dell,” ujar Jobs dalam wawancara dengan Businessweek pada Tahun 2004.
 
Kemudian, saat era persaingan dengan Microsoft sempat mengancam Apple pada tahun 1997, Jobs dan Cook mampu kembali menormalkan Apple dari kerugian. Cook sangat memperhatikan soal inovasi dan disiplin logistik, dan hal-hal terkecil seperti desain cantik dan prediksi permintaan pelanggan.
 
Pada tahun 2008, Cook juga menjadi orang yang berjasa memperluas pasar iPhone, yang saat itu masih terikat kontrak eksklusif dengan AT&T. Berkat Cook, yang menjadi pembicara di simposium teknologi, Apple kemudian bersedia untuk memutus hubungan ekslusif dengan operator AT&T. Hasilnya, iPhone pun kini menjadi penguasa di pasar penjualan ponsel.

Saat itu Cook yang berbicara dengan spontan, lucu, dan terbuka, mengatakan tak masalah jika iPod Touch mengkanibal penjualan iPhone. “Saya lebih suka Apple mengkanibal Apple daripada perusahaan lain yang mengkanibal Apple," ucap Cook dalam simposium itu. Ternyata, di hari berikutnya saham Apple naik hampir 5 persen.

Selama ini, Steve Jobs dianggap sebagai wajah perusahaan dan sangat terlibat dengan pengembangan produk. Tetapi, Tim Cook-lah orang yang mengambil semua desain dan mengubahnya keuntungan besar bagi perusahaan. 
 
Menariknya, kurang dari satu jam setelah kabar pengunduran diri beredar di media, situs Apple telah menulis Tim Cook sebagai CEO. Sedangkan, Steve Jobs tertulis menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan atau Chairman of the Board, posisi yang belum pernah ada sebelumnya. Sepertinya, Apple memang tidak akan berubah, begitu pula kepemimpinan di dalam perusahaannya. (sj)

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024