Tak Laku, Ini Strategi RIM Jual PlayBook Sisa

BlackBerry Playbook
Sumber :
  • shuttervoice.com

VIVAnews - Setelah hanya terjual 200 ribu unit BlackBerry Playbook sejak diluncurkan, Research In Motion memiliki rencana untuk 'membersihkan' semua stok yang tersedia.
 
BlackBerry PlayBook gagal mencapai target penjualan 600 ribu unit, seperti yang diharapkan RIM di kuartal kedua. Setidaknya 400 ribu unit tidak berhasil terjual, atau sekitar US$ 400 juta tertahan di inventory, yang kini ditaksir mencapai US$ 1,4 miliar.
 
Dikutip dari laman itnews, Senin, 19 September 2011, Kepala Eksektutif Keuangan (CFO) RIM Brian Bidulka mengatakan, hal yang lebih buruk adalah RIM telah melakukan investasi strategis dengan harga komponen tinggi untuk Playbook yang dalam persediaan terbatas.
 
Sedangkan, pendiri dan Kepala Eksekutif (CEO) RIM, Mike Lazaridis, mengatakan PlayBook pun akan melakukan sejumlah peningkatan, yang diharap bisa dirilis pada Oktober nanti, dalam produk terbarunya PlayBook 2.0. Peningkatan ini termasuk menambah fitur native email (email yang sudah built-in). Tak adanya fitur email menimbulkan spekulasi kalau RIM terburu-buru dan mengeluarkan produk yang belum selesai, yang kemudian terhubung dengan aplikasi BlackBerry Bridge.
 
Fitur lain yang akan ditambah antara lain kalender, kontak, kemampuan untuk mendukung aplikasi Android, fitur jaringan baru dan video penyimpanan. Lazaris berjanji akan meluncurkan 10.000 film dan pertunjukan TV untuk kemajuan BlackBerry Bridge.
 
Namun, sebelum produk terbaru PlayBook itu keluar, RIM harus memutar otak untuk menjual stok PlayBook yang masih tersedia. Untuk itu, RIM pun telah memiliki sejumlah rencana. Antara lain, "program insentif istimewa" untuk pelanggan perusahaan dan pengguna setia BlackBerry.

RIM memulai strategi penjualan PlayBook ini di 'kandang' mereka sendiri, di Kanada. Berdasarkan laporan Boy Geneius, RIM bekerja sama dengan perusahaan wireless Kanada, Rogers, untuk  menjual 16 GB PlayBook, hanya seharga US$ 249, dari harga normal US$ 499 di Kanada (US$ 549 di Australia).
 
Harga ini hanya berlaku untuk karyawan Rogers. Namun, ini menjadi indikasi turunnya harga PlayBook di Amerika Serikat. (umi)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024