VIDEO: Toko Virtual Pun Ada di Subway Cina

'Toko' virtual di Korea Selatan
Sumber :
  • digitaltrends.com

VIVAnews - Terobosan dalam berbelanja terjadi ketika perusahaan retail asal Inggris, Tesco, mengembangkan toko virtual di Korea Selatan. Dengan menggunakan smartphone, pembeli cukup men-scan gambar pada poster yang ditempel di stasiun subway untuk melakukan transaksi, sedangkan barang akan diantar pada sore harinya.

Namun, toko virtual ini tidak hanya ada di Korea Selatan, melainkan juga di Cina. Sebuah perusahaan retail-online Cina, yihaodian.com, mengembangkan konsep toko virtual ini di Shanghai.

Sama seperti toko virtual yang ada di Korea, sejumlah poster yang berisi berbagai macam gambar produk terpasang di stasiun subway. Pembeli cukup men-scan dengan smartphone yang sudah diinstal aplikasi khusus untuk melakukan transaksi.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Lihat videonya di tautan ini.

Transaksi ini terbilang memudahkan konsumen. Karena, mereka tidak perlu datang ke toko untuk berbelanja. Selain itu, layanan toko virtual ini juga bermanfaat bagi orang tua, yang sering kesulitan jika harus keluar untuk berbelanja.

Salah satunya adalah Zao. Perempuan tua yang tinggal di lantai empat rumah susun ini hanya perlu menitip ke putrinya untuk men-scan sejumlah produk yang diinginkan. Sore hari, barang yang sudah di-scan putri Zao itu pun diantar ke rumah, tanpa Zao harus naik-turun tangga empat lantai.

Konsep toko virtual ini memang tepat dioperasikan di Cina. Saat ini, tercatat ada sekitar 900 juta pengguna ponsel, dan 480 juta pengguna itu memanfaatkan ponselnya untuk mengakses internet. Pemilik smartphone di Cina pun tercatat ada sekitar 67 juta orang.

Karena itu tak heran jika pendapatan yihaodian.com meningkat pesat. Saat ini, pendapatan layanan toko virtual itu sekitar 800 juta yuan di tahun 2010. Bandingkan dengan pendapatan 4,17 juta yuan di tahun 2008.

Hmm.. Coba Anda bayangkan jika toko virtual ini ada di Indonesia. Tanpa harus ke toko, pembeli bisa men-scan produk yang diinginkan dari poster yang dipasang di stasiun busway atau stasiun-stasiun kereta. Tentu akan memudahkan para komuter, termasuk Anda, bukan?

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024