Satelit ROSAT Diprediksi Jatuh Pekan Ini

Satelit ROSAT
Sumber :
  • German Aerospace Centre

VIVAnews - 'Sampah' luar angkasa akan kembali jatuh ke bumi di minggu ini. Satelit Jerman ROSAT (the ROentgen SATellite) diperkirakan akan menembus atmosfer dan jatuh ke bumi, antara 22 hingga 24 Oktober mendatang.

Saat ini, ROSAT disebut sedang berjalan mendekati Bumi, dengan orbit lingkar di ketinggian 145 mil atau 236 kilometer, dengan kemiringan sudut 53 derajat. Ini berarti ROSAT kemungkinan bisa dilihat dari berbagai penjuru bumi.

Namun, satelit itu dapat terlihat jika sedang berada dalam cahaya matahari (setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam), dan pengamatnya berada di lokasi yang gelap.

ROSAT merupakan satelit kecil, seukuran mobil, yang bukan objek terang. Ahli astronomi mengukur terang suatu benda angkasa dengan skala magnitude. Semakin kecil magnitude, maka makin terang benda angkasa itu.

Bintang paling terang seperti Vega atau Deneb memiliki magnitude 0 atau 1. Sedangkan Rosat, memiliki magnitude antara 3 hingga 4. Jadi, tidak seperti stasiun luar angkasa yang bisa dilihat dari lokasi yang terang, untuk melihat ROSAT saat berada di angkasa, pengamatnya harus mencari lokasi gelap.

Jadi sebelum ROSAT jatuh ke bumi, ini merupakan kesempatan terakhir melihat satelit Jerman ini berada di angkasa. Minggu ini, ROSAT bisa dilihat menjelang subuh, sebagai benda angkasa yang melintasi sebagian besar kawasan Amerika Utara dan Eropa.

Setidaknya, ada tiga situs yang bisa membantu pengamatan Anda dalam 'berburu' ROSAT. Antara lain, n2yo.com, heavens-above.com, dan spaceweather.com.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

ROSAT merupakan satelit berbobot 2,4 ton milik German Aerospace Center, yang diobritkan 1 Juni 1990 lalu. Satelit ini mengorbit pada ketinggian sudut 53 derajat utara dan selatan. Artinya, jika berhasil tiba di Bumi, serpihannya akan berserakan di kawasan yang sangat luas. Space.com (adi)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024