Alasan Apple Menggandeng CEO Disney

Perusahaan teknologi Apple.
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVAnews - Apple menggandeng CEO Walt Disney Robert Iger masuk ke jajaran Dewan Direksinya. Dengan masuknya Iger, Apple diduga mulai membidik pengembangan media dan konten.

Selama ini, Iger memang berpengalaman menjadikan Disney sebagai salah satu perusahaan media dan hiburan terbesar di dunia. Dengan demikian, Apple pun diprediksi siap menghadapi persaingan di bisnis konten dan distribusi dengan Amazon dan Google.

Selain itu, pialang Wall Street juga menduga masuknya Iger akan memicu Apple membidik pasar televisi. Apple diprediksi akan membuat kejutan di pasar televisi yang saat ini masih bersifat fragmentaris, seperti yang dilakukan Apple yang mengejutkan pasar musik saat meluncurkan iTunes beberapa tahun silam.

"Apple akan lebih mengarahkan (bisnis) ke distribusi konten, terutama dari sisi video," kata analis dari Morningstar, Michael Corty, seperti dikutip dari Reuters.

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Disney memang merupakan perusahaan yang merajai bisnis media, mulai dari jaringan televisi ABC, stasiun televisi olahraga ESPN, film dan studio animasi, serta taman hiburan dan resor. Karena itu sejumlah konten Disney pun diprediksi akan menjadi support yang sangat bernilai untuk produk Apple, baik itu iPhone, iPad, juga iPod.

Konten memang menjadi andalan sejumlah pesaing Apple, terutama Amazon. Karena itu, seperti dikutip dari iSuppli, Amazon berani rugi dengan menjual tablet Kindle Fire dengan harga yang lebih murah dari biaya produksinya. Seperti diketahui, Kindle Fire menjadi pesaing berat iPad, apalagi dijual dengan harga murah, US$199. Sedangkan harga produksi satu tablet Kindle Fire mencapai US$209,63.

Berdasarkan perhitungan itu, Amazon merugi US$10 tiap Kindle yang dijual. Tapi, kerugian ini akan tertutup dari penjualan sejumlah konten Amazon. Strategi ini sama seperti yang dilakukan Gillette, yang menjual alat cukur dengan harga merugi, tapi dapat keuntungan dari penjualan siletnya. 

Iger memang 'berteman baik' dengan Apple sewaktu menjadi CEO Disney. Karena mendiang petinggi Apple, Steve Jobs, merupakan pemegang saham terbesar Disney, sejak Disney mengambil alih studio animasi yang didirikan Steve Jobs, Pixar. Steve Jobs juga merupakan anggota Dewan Direksi Disney, hingga akhir hayatnya. (umi)

Kuasa Hukum Sebut Harvey Moeis Tidak Akan Ajukan Praperadilan
Bluebird hadirkan layanan Lifecare Taxi

Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy

Bluebird sebagai perusahaan taksi besar di Indonesia, hari ini meluncurkan Lifecare Taxi, layanan taksi yang dirancang khusus untuk individu dengan kebutuhan khusus, lans

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024