Terkuak, Laboratorium Rahasia Google

Google Ping
Sumber :
  • Valven

VIVAnews - Google dikabarkan menyimpan sebuah laboratorium yang di dalamnya terdapat beberapa teknologi masa depan. Di laboratorium rahasia itu tersimpan antara lain, elevator luar angkasa, mobil tanpa sopir, telekonferensi dengan robot, hingga robot yang dapat berlari dengan bebas. Itu semua ada dalam laboratorium rahasia Google: Google X.
 
Meskipun sebagian besar ide-ide tersebut masih dalam tahap konseptual, dua orang pengarah proyek ini mengatakan, satu produk akan dirilis pada akhir tahun. Tapi sayangnya tidak disampaikan apa yang akan dirilis nanti.
 
“Mereka sudah (mencapai) sangat jauh dari sekarang ini,” ujar pendiri Heartland Robotics, yang juga profesor emeritus dari MIT di bidang Laboratorium Intelijen dan Ilmu Komputer Buatan, Rodney Brooks.

Bagi sebagian besar perusahaan di Silicon Valley, inovasi berarti mengembangkan aplikasi online atau menambah penghasilan dari iklan. Tapi Google melihatnya secara berbeda. Walau sudah menjadi perusahaan besar, laboratorium tersebut menggambarkan ambisi Google untuk menjadi sebuah tempat penciptaan terobosan baru dan pengembangan penelitian, seusai tradisi Xerox PARC.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Seperti diketahui, Xerox PARC (Palo Alto Research Center) merupakan laboratorium pengembangan yang dimiliki Xerox, untuk mengembangkan PC modern pada 1970-an. Pendiri Apple Steve Jobs juga disebut mencuri sejumlah ide yang didapatnya saat mengunjungi Xerox PARC. Steve Jobs pun mengakui inspirasi yang didapat dari Xerox PARC, dalam buku biografi yang ditulis Walter Isaacson.
 
Juru bicara Google, Jill Hazelbaker, menolak berkomentar soal laboratorium. Jill hanya mengatakan bahwa proyek spekulatif (spekulasi teknologi masa depan) merupakan bagian penting dari DNA Google. "Saat semua kemungkinan menjadi sangat menarik, tolong diingat bahwa jumlah yang terlibat sangat kecil jika dibandingkan dengan investasi yang ada dalam bisnis inti kami," ucap Jill.
 
Pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, dikabarkan mengembangkan ide-ide tersebut saat masih bekerja di Google X, dan sebelum sebelum menjadi Chief Executive di April. "Saya menghabiskan waktu saya di proyek yang lebih jauh, kami segera lulus untuk menjadi bisnis kunci penting di masa depan," ujar Brin baru-baru ini, tanpa menyebutkan Google X secara spesifik.

Proyek yang dikembangkan adalah, bagaimana menghubungkan benda-benda dari jarak jauh dengan bantuan teknologi. Seperti mobil tanpa sopir atau telekonferensi robot.
 
Salah satu insinyur yang akrab dengan Google X mengatakan proyek ini dijalankan secara misterius layaknya CIA. Dengan dua kantor, satu ruangan untuk logistik, satu untuk robot, di sebuah lokasi rahasia, Google benar-benar menyimpan rapat informasi mengenai lab ini.
 
Kabarnya, laboratorium tersebut dipimpin oleh Sebastian Thrun, salah satu ahli dunia robotika dan inteligensia buatan, yang mengajar ilmu komputer di Universitas Stanford. Thrun juga yang disebut telah menciptakan mobil pertama tanpa sopir di dunia. K

Kemudian di Google X, terdapat juga Andrew Ng, seorang profesor Universitas Stanford yang mengkhususkan diri dalam menerapkan neuroscience untuk kecerdasan buatan untuk mengajarkan robot dan mesin untuk beroperasi seperti orang. Juga Johnny Chung Lee, seorang spesialis dalam interaksi manusia-komputer.

Apa alasan Google merahasiakan ini? Larry Page mengungkapkan sedikit jawabannya: "Ada beberapa proyek spekulatif yang dilakukan, tapi kami sangat berhati-hati dalam mengendalikan uang para pemegang saham," ucap Page kepada para analis di bulan Juli. "Kami tak akan bertaruh dalam hal ini," lanjutnya. | New York Times

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

YouTube meluncurkan sebuah serial dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini” yang menyoroti lima kreator YouTube dari latar belakang yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024