Content Provider Diharapkan Tumbuh Kembali

Remaja Kecanduan SMS
Sumber :

VIVAnews - Untuk mendukung era layanan data, industri telekomunikasi akan berkembang semakin baik jika didukung oleh pertumbuhan industri kreatif seperti konten. Namun, saat ini content provider masih menjadi sorotan setelah dihentikan oleh pemerintah medio Oktober tahun lalu akibat terjadi pencurian pulsa.

"Untuk era broadband, dengan partner content provider akan semakin cepat," kata Sarwoto Atmosutarno, Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI), di Jakarta, Jumat 13 Januari 2012.

Dalam hitungan ATSI, content provider mampu berkontribusi bagi pendapatan industri telekomunikasi sebesar 7 persen dengan nilai Rp5-6 triliun.

Menurut dia, sejak layanan content provider dihentikan oleh pemerintah, hal itu memberikan dampak penurunan pendapatan dari operator sebesar 1-2 persen. Untuk itu, semua operator siap menggandeng content provider kembali.

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon

"Kami siap meluncurkan layanan tersebut, dengan perbaikan cara akses ke content provider dan perlindungan ke konsumen," katanya.

Sebagai gambaran saja, bisnis konten di Telkomsel dari tahun ke tahun kian meningkat. Pada 2002, Telkomsel menjalin kerja sama dengan 50 content provider dengan 300 jumlah layanan, serta pengguna konten kurang lebih 1 juta.

Sementara itu, pada 2011, jumlah content provider mencapai 400, dengan 4 ribu layanan dan pengguna konten kurang lebih 45 juta.

"Industri content provider merupakan industri masa depan. Manajemen industri berhasil kalau pertumbuhan konten bagus," tuturnya.

Ke depan, dia melanjutkan, dengan layanan data, semakin berkembang konten yang full entertainment yang berisi RBT, aplikasi, payment, merchandise, concert ticket, show dan full track.

Namun sayangnya, potensi bisnis ini tidak didukung dengan regulasi yang datangnya terlambat. "Kita sama-sama terpukul atas penghentian operasi content provider," ujarnya. (art)

Anak Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana
Ilustrasi depresi

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasanya kita gemari.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024