Tanpa Twitter, Microblogging Cina Meningkat

Sensor internet di China
Sumber :
  • 1.bp.blogspot.com

VIVAnews - Cina memang memblokir situs microblogging dan jejaring sosial Twitter. Namun, ini tidak menjadikan Cina sepi dari aktivitas microblogging. Bahkan data memperlihatkan, aktivitas microblogging di Cina meningkat pesat hingga empat kali lipat.

Seperti dikutip dari Reuters, microblogging di Cina juga digunakan untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Tanpa Twitter, orang-orang di Cina menggunakan Weibo untuk microblogging.

Sama seperti Twitter, Weibo merupakan platform media sosial yang memungkinkan penggunanya menulis pesan hingga 140 karakter. Weibo merupakan situs asli Cina yang kini mencapai 200 juta pengguna.

Tahun lalu dilaporkan sebagai masa pesatnya perkembangan Weibo. Salah satu pesatnya penggunaan Weibo adalah ketika terjadi kecelakaan kereta super cepat di Wenzhou, yang memunculkan sejumlah diskusi di situs itu.

Pesatnya perkembangan informasi dengan menggunakan Weibo juga dikabarkan sempat mengancam Partai Komunis di Cina. Seperti diketahui, partai itu merupakan otoritas yang mengatur arus informasi, karena itu Partai Komunis tak ingin kehilangan kendali informasi di Cina.

Karema itulah pada bulan Desember sejumlah pemerintah kota mengumumkan peraturan kepada operator microblogging, yaitu untuk mendaftar menggunakan nama asli.

Jumlah total pengguna Weibo sendiri disebut meningkat hingga 296 persen, atau mencapai 249,9 juta pengguna pada tahun 2011. Data yang didapat dari China Network Information Center (CNNIC) ini memperlihatkan hampir setengah populasi internet di Cina menggunakan Weibo.

Adapun data CNNIC ini menyebutkan, pada bulan Desember terdapat 513 juta pengguna internet di Cina. Angka ini memperlihatkan penetrasi Cina di internet, yang mencapai 38,3 persen.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih
Fairuz A Rafiq dirawat di rumah sakit saat momen Lebaran

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Fairuz A Rafiq dengan sang buah hati, Eijaz beberapa waktu yang lalu dilarikan ke rumah sakit lantaran kondisi kesehatannya menurun.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024