Data 50 Juta Pengguna Megaupload Akan Dihapus

Situs file-sharing Megaupload
Sumber :
  • technorati.com

VIVAnews - Setelah menutup situs Megaupload, pihak kejaksaan Amerika Serikat mengatakan data pengguna Megaupload akan segera dihapus. Setidaknya penghapusan akan dilakukan mulai Kamis pekan ini.

Seperti dikutip dari laman BBC, peringatan penghapusan data ini dilakukan berdasarkan surat perintah yang dikeluarkan Kejaksaan Agung AS. Sejak ditutup, para pengguna memang sudah tidak dapat mengakses data yang ada di Megaupload.

Pengacara Megaupload, Ira Rothken, mengatakan setidaknya ada 50 juta pengguna yang memiliki data. Berdasarkan peringatan itu, maka seluruh data terancam dihapus.

Menurut Rothken, pemblokiran aset Megaupload yang dilakukan aparat hukum juga menyebabkan penyedia jasa file-sharing itu tidak bisa membayar data yang tersimpan di dalamnya.

Menurut surat peringatan itu, penghapusan data akan dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa hosting dan storage, Carpathia Hosting dan Cogent Communication Group.

"Berdasarkan pengetahuan kami, perusahaan hosting itu akan menghapus konten yang ada di server (Megaupload) mulai 2 Februari," tulis surat peringatan itu.

Surat itu juga menjelaskan untuk kepentingan investigasi, maka akan dilakukan "pengkopian data tertentu", namun tidak melakukan penghapusan server.

"Mungkin tersangka butuh memiliki akses independen... itu harus diselesaikan secara langsung dengan Cogent atau Carpathia," lanjutnya.

Megaupload ditutup pada 19 Januari lalu, dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Aparat keamanan juga menangkap pendiri Megaupload, Kim Dotcom atau Kim Schmitz, bersama tiga tersangka lain. Saat ini, AS masih menyelesaikan proses ekstradisi keempat tersangka itu dari Selandia Baru ke AS. (eh)

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?

Menurut Nikita Mirzani, kebanyakan orang sedang jatuh cinta dan menjalani hubungan asmara, tidak bisa menyadari sampai mana batasan mereka membuat hubungan yang sehat

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024