Google Rayakan Ulang Tahun Ke-14 dengan Doodle

Doodle Ulang Tahun Google ke-14
Sumber :
  • google.com

VIVAnews - Raksasa teknologi Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-14, hari ini, 27 September 2012. Sebuah doodle khusus pun muncul di halaman mesin pencari Google.

Doodle itu bergambarkan kue coklat dengan 14 lilin warna-warni di atasnya. Kue itu kemudian terselimuti warna-warna yang membentuk tulisan Google. Sedangkan 14 lilin yang di atasnya bergerak turun dan membentuk hitungan angka 14.

Tapi menariknya, Google tidak berdiri pada 27 September. Mengapa doodle istimewa itu hadir di hari ini?

Sejarahnya, mengutip laman CNN, raja mesin pencari ini didirikan oleh dua orang sahabat saat masih menjadi mahasiswa Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin, pada 4 September 1998. Kemudian Google menjadi korporasi pada 7 September 1998, yang kemudian melakukan penjualan saham publik pada 19 Agustus 2004.

Mengutip laman IBN Live, Google merayakan ulang tahun tiap tanggal 27 September mulai tahun 2005. Tanggal itu menandakan rekor jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencari Google.

Memulai langkah di industri teknologi sebagai mesin pencari, kini Google telah menjadi raksasa besar di industri teknologi. Di dunia maya saja misalnya, Google memiliki layanan surat elektronik Gmail dan situs video sharing YouTube. Layanan jejaring sosial Google Plus juga menjadi salah satu jejaring sosial yang mempunyai banyak pengguna.

Google yang tak puas menjadi raja di dunia maya kemudian melirik industri seluler. Dengan sistem operasi Android, Google pun berhasil menjadi penguasa di industri smartphone.

Merasa kurang, Google pun kemudian mengakuisisi produsen smartphone Motorola Mobility. Meski begitu, banyak yang memprediksi Google membeli Motorola bukan untuk membuat smartphone, melainkan menguasai paten yang dimiliki Motorola.

Inovasi terus dikembangkan Google, yang sekarang mulai melirik piranti keras. Salah satunya dengan menghadirkan kacamata masa depan, Project Glass. Kacamata dengan Augmented Reality ini pun memiliki fungsi layaknya smartphone, dengan navigasi gerak kepala, dan sistem perintah suara.

Selama 14 tahun, kepompong mesin pencari itu kini beralih rupa menjadi kupu-kupu di industri teknologi. Selamat ulang tahun, Google! (umi)

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024