Maps Bikin Frustasi, Bos Apple Minta Maaf Lewat Surat

Fitur 3D Maps Apple
Sumber :
  • Apple.com

VIVAnews --  Dalam pernyataan yang tidak biasa, CEO Apple, Tim Cook, pada Jumat 28 September 2012, meminta maaf pada para konsumennya yang mengeluhkan performa aplikasi pemetaan buatan Apple, Apple Maps. Melalui surat terbuka.

"Di Apple, kami selalu berusaha untuk membuat produk kelas dunia, untuk memberikan yang terbaik pada pelanggan kami," tulis Cook, seperti dimuat CNN.

Dia mengakui, Maps yang diluncurkan minggu lalu tidak sesuai dengan komitmen tersebut, untuk memberikan yang terbaik. "Kami sungguh minta maaf karena telah menyebabkan pelanggan kami frustrasi. Kami akan melakukan apapun yang kami bisa untuk membuat Maps lebih baik."

Masih dalam suratnya, Cook menyebut, lebih dari 100 juta perangkat mobile telah di-upgrade ke sistem iOS terbaru, menggantikan Google Maps.

Yang mengejutkan, Cook menyarankan para pelanggannya untuk beralih sejenak dari Apple Maps, ke aplikasi pemetaan lain, termasuk para pesaing. Dan ya, Google Maps. 

"Sementara kami meningkatkan performa Maps, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan mengunduh aplikasi peta dari App Store seperti Bing, MapQuest, dan Waze. Atau menggunakan aplikasi pemetaan Google juga Nokia maps, dengan cara mengunjungi situsnya dan membuat ikon pada layar (home screen) Anda untuk aplikasi web mereka," tambahnya.

Seperti yang diketahui, setelah menggunakan data pemetaan Google selama lima tahun, Apple pada 19 September  2012 "membuang" Google Maps dari sistem operasi  terbaru iOS 6, yang digunakan jutaan perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Apple Maps juga ada di dalam iPhone 5, produk teranyar Apple yang diluncurkan minggu lalu, yang laris manis, laku lima juta buah keping dalam waktu tiga hari.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Sayangnya, Apple Maps didukung data yang secara signifikan kurang dibandingkan pendahulunya. Tak akurat bahkan membuat tersesat. Entah bagaimana, sebuah kota ada di lautan, daerah pertanian disebut bandar udara, jalan layang berakhir entah di mana, dan kota Stratford-upon-Avon, tempat asal Shakespeare, mendadak ada di dalam sebuah rumah sakit. Belum lagi kualitas peta yang dianggap kurang memuaskan.

Banyak yang menyebut tak adanya Google Maps menjadi kekurangan signifikan iPhone 5.  Bahkan, Google pun meledek iPhone tanpa Google Maps di iklan Motorola, menyebutnya sebagai "iLost".

Sebelumnya, pendiri Apple, Steve Wozniak juga ikut bicara atas kontroversi kualitas  Apple Maps. Woz mengakui bahwa layanan pemetaan Apple memang mengecewakan. Tapi ia menegaskan bahwa kelemahan yang ada tidak begitu parah. (umi)

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait penalti pada laga melawan Australia yang berhasil digagalkan Ernando Ari.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024