Riset: Simpanse Juga Bisa Ngambek Seperti Manusia

pictures of the year (animal)
Sumber :
  • Reuters/Sukree Sukplang

VIVAnews - Tim peneliti di Amerika Serikat mengungkapkan simpanse akan bereaksi emosional ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Tindakan mahluk itu sangat mirip dengan manusia.

Alexandra Rosati, pemimpin penelitian dari Yale University,AS, menciptakan dua permainan untuk mengetahui perilaku-perilaku simpanse. Permainan itu mengharuskan simpanse dan bonobo, spesies simpanse, mengambil keputusan untuk memilih makanan yang sedikit tapi langsung diberikan atau memilih makanan dalam jumlah besar tapi harus menunggu.

Hasilnya, para peneliti menemukan banyak simpanse dan bonobo yang menjadi sangat emosional ketika harus menunggu makanan datang.

Dibintangi Aghniny Haque dan Bio One, Film Kereta Sajikan Cerita Menyentuh dan Gak Bosenin

"Perilaku mereka berteriak-teriak, menggaruk-garuk kepalanya, dan memukul-mukul jeruji besi kandang. Beberapa reaksi terlihat mirip dengan anak-anak," kata Rosati, seperti dikutip stasiun berita BBC.

Dia menjelaskan, pengambilan keputusan menjadi salah satu penyebab emosi yang keluar. Simpanse itu merasa frustasi dan menyesal karena salah memilih keputusan. Perilaku sangat mirip dengan manusia.

Selain itu, para peneliti juga menemukan perbedaan cara simpanse dan banobo merespon permainan. Simpanse lebih bersedia mengambil risiko dan lebih sabar dari banono. "Perbedaan-perbedaan ini mungkin yang menjadi penyebab perbedaan spesies kera dalam mencari makanan di alam liar," ujar Rosati.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengambilan keputusan pada simpanse dan banobo melibatkan suasana hati dan motivasi.

Untuk mengetahui lebih detail, penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Plos One dengan judul "Chimpanzees and Bonobos Exhibit Emotional Responses to Decision Outcomes."

Suzuki Siapkan Mobil MPV Baru dengan Harga di Bawah Ertiga, Pakai Basis Spacia
VIVA Militer: KSAL Lantik Kolonel Laut (P) I Made Wira Hady jadi Kadispenal

Penjelasan Kadispenal soal Anggota TNI AL Bentrok Dengan Brimob di Pelabuhan Sorong

Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) bentrokan dengan sejumlah anggota Brimob di sekitaran Pelabuhan Sorong, Papua Barat Daya.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024