Windows Perkenalkan Asisten Pribadi, Cortana

Microsoft menghadirkan asisten personal, Cortana
Sumber :
  • (the Next Web)

VIVAnews - Microsoft unjuk gigi pada panggung konferensi pengembang Build 2014 yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat. Perusahaan piranti raksasa dunia itu mengumumkan update sistem operasi mobile Windows Phone dengan merilis Windows Phone 8.1.

Melansir The Next Web, kamis 3 April 2014, pembaharuan itu tentu datang dengan berbagai fitur baru. Yang menarik pada versi Windows Phone 8.1 ini, Microsoft menghadirkan asisten personal, Cortana. Fitur ini hadir layaknya Siri pada sistem iOS produksi Apple dan Google Now pada sistem Android besutan Google.

Dengan Cortana ini, Microsoft bersiap menyaingi Siri dan Google Now. fitur asistensi pribadi ini akan menggantikan fungsi pencarian pada Windows Phone yang sebelumnya mengandalkan Bing.

Sayangnya fitur ini untuk tahap pertama hadir di pasar yang terbatas, yaitu Amerika Serikat. Kemudian dikuti pasar Inggris dan China, yang akan hadir pada paruh kedua 2014. Untuk tambahan pasar gelombang kedua akan hadir pada 2015.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Fungsi Pengingat

Cortana mampu menjalankan fungsi pengingat, pelacak cuaca, menjawab pertanyaan secara umum, menunjukkan lokasi. Cortana juga akan diperluas dengan aplikasi pihak ketiga misalnya Skype, Hulu maupun Facebook.

Disamping menghadirkan Cortana, pada versi 8.1, Microsoft juga merilis fitur Action Center. Ini semacam tampilan semua aktivitas pada ponsel. Diantaranya pengguna bisa mengetahui persentase baterai, dilengkapi 4 tombol yang dapat dikustomisasi, serta notifikasi semua aplikasi yang dipakai pengguna. Fitur lockscreen baru juga tak lupa disertakan pada pembaruan kali ini.
 
Microsoft juga menampilkan tile khas, tapi versi ini hadir dengan lebih tebal dan lebih banyak tile dalam satu layar.

Pada perangkat berlayar 5 inchi dan yang lebih besar, pengguna dapat menambahkan kolom ketiga tile pada home screen mereka.

Sebagai pelengkap, pada versi Windows Phone 8.1 ini, Microsoft menghadirkan papan ketik World Flow bergaya Swype. Model keyboard ini diklaim mempermudah pengetikan pada perangkat mobile. (ren)

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora
dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024